Mendapat Protes dari Warga, Empat Posko Ormas di Bantaran Kali Jati Bekasi Dibongkar

Empat markas ormas di bantaran Kali Jati, Kota Bekasi dibongkar setelah menuai protes dari warga karena sikap Pemerintah Kota Bekasi yang tebang pilih

Warta Kota/Joko Supriyanto
Empat markas ormas di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, akhirnya dibongkar setelah menuai protes dari warga karena sikap Pemerintah Kota Bekasi yang dianggap tebang pilih. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN - Pascamenuai protes warga karena sikap Pemerintah Kota Bekasi yang dianggap tak bernyali menertibkan posko ormas di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi, akhirnya 4 bangunan milik ormas dibongkar.

Pantauan Tribunbekasi.com, 4 bangunan yang digunakan sebagai posko ormas kini sudah dibongkar dan hanya menyisakan puing-puing bangunan semi permanen itu.

Padahal sebelumnya 4 posko tersebut tidak tersentuh penertiban, setelah Pemerintah Kota Bekasi melakukan penertiban di sepanjang Kali Jati Kayuringin Jaya, Bekasi.

Sementara itu penertiban bangunan di sepanjang bantaran Kali Jati, Kayuringin, Bekasi Selatan masih berlangsung. Petugas dari Satpol PP Kota Bekasi dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi kini beralih ke sisi timur.

Baca juga: Empat Markas Ormas Dibiarkan saat Pembongkaran Lapak PKL di Sepanjang Kali Jati, Begini Alasannya

Beberapa bangunan yang ada di sisi timur itu kini dibongkar oleh petugas dengan menggunakan alat berat. Diketahui jika pembongkaran bangunan liar pinggir kali itu karena, area tersebut masuk program normalisasi sungai.

Lurah Kayuringin Jaya, Kota Bekasi, Ricky Suhendar mengatakan jika pihaknya hingga malam terus melakukan komunikasi kepada para ormas terkait penertiban tersebut. Namun, akhirnya pihak ormas pun mengizinkan untuk juga dilakukan pembongkaran.

"Kita berkomunikasi intens untuk memberikan masukan bahwa apa sih yang menjadi kendala ormas ini enggan dibongkar. Kita sampaikan dengan peraturan-peraturan yang ada alhamdulillah mereka dengan legowo mau (dibongkar)," kata Ricky Suhendar, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: Puluhan Lapak PKL di Sepanjang Kali Jati Dibongkar Petugas, Empat Markas Ormas Dibiarkan

Diungkapkan oleh Ricky, beberapa ormas memang ada beberapa diantaranya memilih untuk membongkar sendiri posko mereka. Namun ada beberapa juga dibantu oleh petugas Satpol PP Kota Bekasi untuk pembongkarannya. 

"Iya mereka membongkar sendiri tapi ada juga yang minta bantuan kita sih, karena menghancurkan tembok itu cukup sulit jadi kita bantu dengan alat berat," katanya.

Hingga saat ini, menurut Ricky pembongkaran bangunan di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi masih terus dilakukan. Kini pihaknya menyasar ke area Timur, karena masih ada beberapa bangunan di bantaran kali.

"Disini memang peruntukkannya untuk tempat usaha ya, bukan rumah tinggal. Resikonya juga tinggi karena ini bantaran kali, takutnya kalo hujan deras ini bisa menyebabkan abrasi sehingga berbahaya," ucapnya. (JOS)

Sumber: Warta Kota
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved