Berita Video

Kuliner Jakarta, Rujak Juhi Sabang yang Digemari Warga Sejak 1990

Meski sudah berdiri sekitar 32 tahun, cita rasa rujak juhi ini tidak pernah berubah. Cita rasanya tetap sama dan otentik.

Penulis: Yolanda Putri Dewanti | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM MENTENG -- Berkunjung ke DKI Jakarta dirasa belum lengkap kalau belum menjelajahi kuliner yang khas.

Salah satunya, kuliner legendaris khas Betawi yakni Rujak Juhi Sabang Kang Erwin yang berlokasi di Jalan H. Agus Salim No.46, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Rujak ini sudah ada sejak Tahun 1990, tidak jarang rujak ini didatangi oleh aktris kenamaan Tanah Air maupun para pejabat.

Meski sudah berdiri sekitar 32 tahun, cita rasa rujak juhi ini tidak pernah berubah. Cita rasanya tetap sama dan otentik.

Isian dari rujak juhi ini cukup lengkap ada sayuran selada, kentang yang sudah direbus, kol, mentimun, mi kuning, ikan juhi, bumbu kacang, dan kerupuk mi atau kerupuk merah.

Ditemui Wartakotalive.com, Jumat (16/9/2022) siang Erwin (52) pemilik Rujak Juhi Sabang Kang Erwin mengisahkan awal mula dirinya terbesit membuat usaha rujak juhi.

"Sebelum tahun 1990-an saya kan masih kerja sama orang, terus pernah saya lihat orang betawi jualan rujak juhi ini di daerah Tanah Abang. Pelan-pelan saya pelajari dan akhirnya saya belajar terus bisa membuat resep sendiri itu bukanya sekitar tahun 1990-an ke atas lah cari modal buka kecil-kecilan dulu," ucapnya kepada Wartakotalive.com di lokasi.

Lalu, tahun 1996 usahanya pindah ke kawasan Sabang hingga saat ini. "Enam tahun kemudian saya pindah ke sini sampai sekarang, itu saya sudah banyak dapat masukan dari pembeli makanya saya terus belajar," imbuhnya.

Pria yang mengenakan kemeja cokelat ini juga mengatakan banyak pembeli yang datang berasal dari luar Pulau Jawa.

"Banyak yang datang ada orang Makassar, orang Tionghoa, dan masih banyak lagi, kalau artis kayak Pak Bondan sudah sering ke sini, karena keluarganya juga doyan, ada juga anak Rhoma Irama, kayak Ridho Irama dan juga Komeng," ucap pria asal Cirebon itu.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved