Pemilu 2024

Begini Hasil Survei Terbaru SMRC Terkait Pilpres 2024, Metode Tatap Muka pada Agustus 2022

Ganjar diprediksi menang atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diasumsikan ikut kontestasi.

Editor: Ahmad Sabran
Youtube
Direktur Riset SMRC Deni Irvani 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dianggap bakal keluar sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) seandainya pemungutan suara digelar hari ini.

Hal itu berdasarkan hasil temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Kamis (8/9/2022).

Ganjar diprediksi menang atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diasumsikan ikut kontestasi.

"Jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan yang maju ada 3 calon, Anies vs Ganjar vs Prabowo, dan semua pemilih tahu ketiga calon tersebut, Ganjar mendapat dukungan 44,6 persen, unggul signifikan atas Prabowo (25,7 persen) dan Anies (21,7 persen). Yang tidak menjawab 8 persen," jelas Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam rilis surveinya.

Baca juga: VIDEO Data Warga 3 Kali Dibobol Hacker, Menkominfo Dicecar DPR

Deni menyebut peluang Anies memenangkan Pilpres 2024 menjadi kecil jika pesaingnya adalah Ganjar. Menurut Deni, hal ini berkaitan dengan tingkat kedisukaan masyarakat (likeability) yang tinggi terhadap Ganjar.

"Jika Ganjar ikut bersaing, peluang Anies menang menjadi kecil. Ini terkait dengan tingkat kedisukaan Anies (74 persen) yang sedikit di atas atau hampir sama dengan Prabowo (71 persen), tapi cukup jauh di bawah Ganjar (83 persen)," ujarnya.

Deni mengatakan, tingkat kedisukaan masyarakat terhadap Ganjar memang stabil dalam 1,5 tahun terakhir. Dalam surveinya Deni membeberkan, tingkat kedisukaan masyarakat terhadap Ganjar selalu berada di angka 80 persen.

Baca juga: VIDEO Dinar Candy Sangat Berharap Jadi Aspri Hotman Paris

"Dalam 1,5 tahun terakhir (Maret 2021-Agustus 2022) kedisukaan Ganjar cukup stabil dan konsisten lebih tinggi dibanding Anies dan Prabowo. Kedisukaan Anies dan Prabowo cenderung menurun," kata Deni.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni berusia 17 tahun atau lebih, termasuk sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga: Dirjen Bea dan Cukai Musnahkan 1,3 Juta Bolpoin Ilegal Asal China yang Diselundupkan Sejak 2019

Dari populasi itu dipilih secara random dengan stratified multistage random sampling sebesar 1.220 responden.

Response rate sebesar 1.053 atau 86 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei SMRC: Jika Pilpres 2024 Hari Ini, Ganjar Jadi Presiden Taklukkan Anies dan Prabowo "

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved