Pendidikan

Universitas Mercu Buana Raih Predikat Unggul dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi

Universitas Mercu Buana (UMB) meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Selasa lalu.

Dokumentasi Universitas Mercu Buana
Pelaksana Tugas Rektor Universitas Mercu Buana Dr Harwikarya (kiri) bersama Direktur Penjaminan Mutu Universitas Mercu Buana Prof Dr Andi Adriansyah dan Rizki Briandana, Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB, Selasa (30/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Universitas Mercu Buana (UMB) meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditas Nasional Pergurutan Tinggi (BAN PT).

Predikat tersebut didapatkan UMB berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No 478/SK/BAN-PT/Ak KP/PT/VIII/2022 yang ditandatangani Prof Ari Pubayanto, Direktur Dewan Eksekutif, Selasa (30/8/2022).

Pencapaian ini menjadi bukti bahwa UMB merupakan kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki kualitas pelayanan pendidikan tinggi yang sangat baik.

Baca juga: Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Universitas Mercu Buana: Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

Baca juga: Universitas Mercu Buana Wisuda 2.461 Wisudawan, Diharapkan Jadi Insan Kreatif, Kritis dan Kompetitif

"Raihan Akreditasi Unggul dari BAN-PT menjadi pengejawantahan visi UMB yaitu menjadi universitas unggul dan terkemuka di Indonesia," kata Dr Harwikarya, Plt Rektor UMB, Kamis (1/9/2022).

UMB terus menghasilkan tenaga profesional yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global.

Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang dilakukan BAN PT mewakili Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristek RI).

Pelaksana Tugas Rektor Universitas Mercu Buana Dr Harwikarya (kiri) bersama Direktur Penjaminan Mutu Universitas Mercu Buana Prof Dr Andi Adriansyah dan Rizki Briandana, Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB, Selasa (30/8/2022).
Pelaksana Tugas Rektor Universitas Mercu Buana Dr Harwikarya (kiri) bersama Direktur Penjaminan Mutu Universitas Mercu Buana Prof Dr Andi Adriansyah dan Rizki Briandana, Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB, Selasa (30/8/2022). (Dokumentasi Universitas Mercu Buana)

Akreditasi dilakukan setiap lima tahun sekali.

Akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan mendapatkan skor lebih dari 361.

Keberhasilan UMB meraih Akreditasi Unggul menjadi bukti Universitas Mercu Buana merupakan kampus dengan tata kelola dan sistem kerja berdasarkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) berjalan dengan sangat baik.

Baca juga: FDSK Universitas Mercu Buana Gelar Webinar Internasional, Digital Ubah Banyak Hal Dunia Pendidikan

Baca juga: Siap Berkompetisi di Dunia Kerja, Lulusan Universitas Mercu Buana Dibekali Sertifikasi Profesi

"UMB adalah kampus yang adaptif dengan perkembangan zaman," kata Prof Dr Andi Andriyansyah, Direktur Penjaminan Mutu UMB.

UMB juga telah melakukan tranformasi pendidikan dengan melakukan digitalisasi sistem pengajaran dengan memanfaatkan kemajuan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

"Diharapkan, lulusan UMB memiliki skill dan kualitas yang kompatibel dengan dunia industri," ujar Andi Andriyansyah.

Baca juga: Universitas Mercu Buana PTS Peringkat Satu di Indonesia Berdasarkan Analisis AD Scientific Index

Baca juga: Hadiri Wisuda Virtual Universitas Mercu Buana, Sandiaga Uno: Kolaborasi Untuk Pemulihan Global

Selain memperoleh Akreditasi Unggul, UMB juga meraih peringkat ketiga PTS Terbaik se-DKI Jakarta dan peringkat sepuluh PTS Terbaik se-Indonesia dari UniRank dari perangkingan AD Index Scientific tahun 2022.

Di AD Index Scientific yang merupakan lembaga akreditasi internasional yang bereputasi ini UMB menempati peringkat pertama PTS Terbaik.

Dari Webometrik, di tingkat nasional UMB meraih peringkat 4 PTS Terbaik dan peringkat dua PTS Terbaik se-DKI Jakarta.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved