Komunitas

Komunitas Sahabat Reptil Bekasi Edukasi Warga Tangani Gigitan Ular hingga Evakuasi

Komunitas Sahabat Reptil Bekasi memberikan edukasi pada masyarakat mulai dari penanganan hingga konservasi hewan reptil

Wartakotalive/Yolanda Putri Dewanti
Komunitas Sahabat Reptil Bekasi yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM JATISAMPURNA -- Tak sedikit masyarakat bingung dan merasa takut ketika menemukan hewan reptil seperti ular, biawak, dan iguana di area tempat tinggal.

Minimnya pemahaman dan penanganan hewan melata ini terkadang membuat warga memilih untuk membunuh hewan yang dianggap berbahaya.

Berangkat dari hal tersebut, mendorong terbentuknya Komunitas Sahabat Reptil Bekasi (SRB). Fokus mereka di bidang edukasi, evakuasi, dan konservasi seputar hewan reptil.

Wartakotalive.com menyambangi salah satu markas komunitas SRB yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).

Di markas tersebut, terdapat ular phyton, biawak, dan juga iguana. Ular phyton yang memiliki panjang enam meter dan bobot 50 kilogram ini diletakkan di sebuah kadang yang tak terlalu besar.

Baca juga: Komunitas Penata Rias Pengantin Terbentuk karena Hobi, Ini Sederet Kegiatannya

Sedangkan di samping kandang ular tersebut, terdapat biawak jantan dan betina yang juga bersebelahan dengan kandang iguana.

Riyan Nurhayadi (29), selaku anggota SRB mengatakan komunitas ini sudah banyak melakukan evakuasi hewan reptil yang berada di permukiman warga Bekasi.

"Kami sering mendapatkan panggilan untuk melakukan evakuasi ular, biawak, dan iguana," ucap Riyan di lokasi.

Komunitas yang berdiri sejak September 2016 ini didirikan oleh Usup Sahroni. Beranggotakan sekiranya 20 orang yang tersebar di wilayah Bekasi.

Tak hanya memiliki markas di kawasan Kranggan, SRB juga memiliki markas utama di Jalan Patriot Raya Kampung Rawa Aren, Bekasi, Jawa Barat.

Komunitas Sahabat Reptil Bekasi yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022)
Komunitas Sahabat Reptil Bekasi yang berada di Jalan Sawo Raya, Kranggan, Jatisampurna, Bekasi Selatan, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022) (Wartakotalive/Yolanda Putri Dewanti)
Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved