UI dan Pemkot Tidore Kepulauan Komitmen Dongkrak Pariwisata Lewat Scuba Diving

Universitas Indonesia dan Pemkot Tidore Kepulauan berkomitmen gerakkan perekonomian dengan sektor pariwisata lewat scuba diving agar menarik wisatawan

Istimewa
Universitas Indonesia dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berkomitmen gerakkan perekonomian dengan sektor pariwisata berpotensi menarik perhatian wisatawan dalam dan luar negeri. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berkomitmen gerakkan perekonomian dengan sektor pariwisata berpotensi menarik perhatian wisatawan dalam dan luar negeri.

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Rachma Fitriati mengatakan Kota Tidore Kepulauan memiliki kawasan perairan yang dapat menyerap tenaga kerja dari pariwisata.

“Salah satu potensi utama yang dimiliki oleh Kota Tidore Kepulauan adalah keindahan alam berupa pantai, laut, dan pulau-pulau kecil, terutama untuk mengembangkan wisata selam (scuba diving),” katanya, Selasa (9/8/2022).

Rachma menuturkan daya tarik wisata selam terletak pada konservasi lingkungan alam bawah laut dan pelestarian warisan budaya yang dikelola masyarakat bisa jadi daya tarik bagi wisatawan.

Baca juga: Universitas Indonesia Serahkan Bus Listrik dengan TKDN Tertinggi di Indonesia Ke Pemerintah

“Untuk itu, bersama Pemkot Tidore Kepulauan dan PB POSSI dengan melibatkan Pentahelix, kami berencana akan menggelar Focus Group Discussion (FGD),” ungkapnya.

FGD dengan tema ‘Membangun Daya Saing Pariwisata Bahari Berkelanjutan Wisata Selam Berkelas Dunia Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara’ itu dapat melahirkan rekomendasi sesuai berbagai peluang di Kota Tidore Kepulauan.

"Kita ingin kebangkitan ekonomi di Kota Tidore, akan menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja ini bisa hadir bersama-sama masyarakat," sebutnya.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya akan menyusun peraturan tentang Pedoman Penyelenggaraan Wisata Selam Berkelas Dunia dengan aturan menyelam sesuai standar internasional.

"Terutama pada lokasi menyelam situs sejarah peninggalan Portugis yang tidak akan ditemui di lokasi penyelaman lainnya," tegas Ali.

Baca juga: Kolaborasi Universitas Indonesia dan Deakin University Australia Lakukan Pertukaran Mahasiswa

Sementara Ketua Umum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto menyambut baik rencana Pemkot Tidore Kepulauan.

Sehingga kegiatan menyelam tidak hanya akan digemari oleh kalangan tertentu, melainkan juga diminati masyarakat luas terutama yang berkaitan dengan strategi memasyarakatkan.

“Nanti POSSI bisa kerja sama dengan Pemkot Tidore untuk mengadakan lomba foto under water dalam rangka Sail Tidore,” ujar Komandan Korps Marinir TNI AL ini.

Sebagai Informasi, Pemkot Tidore Kepulauan didukung Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Pusat akan menggelar acara berupa Sail Tidore 2022 pada November mendatang.

Event ini salah satu strategi percepatan ekonomi di Provinsi Maluku Utara, khususnya Kota Tidore Kepulauan yang diyakini akan menjadi daya tarik mendorong perekonomian masyarakat.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved