Berita Jakarta

Fraksi PSI DKI Jakarta Minta Peningkatan Modal PT Jamkrida Jakarta untuk Kesejahteraan UMKM

Fraksi PSI DKI Jakarta menyoroti peningkatan modal dasar PT Jamkrida dari 400 miliar rupiah menjadi 1,6 triliun Rupiah

Jamkrida Jakarta
Fraksi PSI DKI Jakarta menyoroti peningkatan modal dasar PT Jamkrida dari 400 Miliar Rupiah menjadi 1,6 Triliun Rupiah. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Fraksi PSI DKI Jakarta menyoroti peningkatan modal dasar PT Jamkrida dari 400 miliar rupiah menjadi 1,6 triliun Rupiah. 

Sekretaris Fraksi PSI DKI Jakarta, August Hamonangan mengimbau penambahan modal dasar Jamkrida Jakarta untuk memperbaiki kondisi UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. 

Sebab, pihaknya melihat terjadi penurunan dividen Jamkrida dalam tiga tahun terakhir. 

Setoran dividen Jamkrida Jakarta di tahun 2019 yaitu 3,3 Miliar Rupiah, tahun 2020 sebesar 2,9 Miliar Rupiah, dan tahun 2021 sebesar 1 Miliar Rupiah.

"Kami mendorong Jamkrida Jakarta memanfaatkan penambahan modal dasar sebagai ruang untuk terlebih dahulu memperbaiki kondisi perusahaan yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari setoran dividen Jamkrida Jakarta yang terus menurun," ucapnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat pada Kamis (4/8/2022).

Baca juga: PSI Berharap Rapergub RDTR dapat Akomodir Proses Pengurangan Polusi Udara di DKI Jakarta 

Lebih lanjut, PSI meminta Jamkrida Jakarta meningkatkan jumlah setoran dividen dan debitur yang diberikan jaminan kredit. 

August lantas membandingkan Jamkrida Jakarta dengan Jamkrida Bali. 

Ia mengungkapkan, Jamkrida Bali menjalin kerjasama dengan 765 mitra kerja yang meliputi Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, Lembaga Perkreditan Desa, Koperasi, hingga BUMD atau Badan Usaha Milik Desa. 

Jamkrida Bali juga memiliki 375 ribu debitur dengan nilai penjaminan hingga 30,3 Triliun Rupiah. 

Sementara, Jamkrida Jakarta hanya memiliki 153 ribu debitur dengan nilai jaminan sekitar 19,7 Triliun Rupiah dalam kurun waktu 2016-2020.

PSI berharap modal yang diberikan Pemprov DKI Jakarta pada Jamkrida Jakarta dapat mengembangkan sektor UMKM yang masih sulit mengakses kredit usaha ke perbankan. 

"Hal tersebut perlu dilakukan agar memastikan APBD yang dikucurkan untuk BUMD dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat luas," ujar August. 

Peningkatan Modal

Diberitakan sebelumnya, Legislator DKI JAKARTA menggelar rapat paripurna bersama Gubernur Anies Baswedan tentang Rancangan Peraturan Daerah Perubahan Bentuk Hukum Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah Jakarta. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved