Berita Nasional

Anggota DPR RI Nurul Arifin Ungkap Poin Krusial RUU Perlindungan Data Pribadi

Nurul Arifin mengngkapkan sejumlah poin krusial RUU Perlindungan Data Pribadi. Politisi Golkar itu sebut sudah UU yang mengatur.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Kompas.com
Anggota DPR RI Nurul Arifin Ungkap Poin Krusial RUU Perlindungan Data Pribadi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Politisi Golkar Nurul Arifin mengngkapkan sejumlah poin krusial RUU Perlindungan Data Pribadi.

Penegasan itu disampaikan anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin saat menjadi narasumber dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk “Urgensi RUU Perlindungan Data Pribadi”, Jumat (15/7/2022).

Keberadaan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi atau RUU PDP memiliki urgensi yang tinggi di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesat.

Baca juga: Elite Golkar: Kalau Demokrat Mau Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Jangan Minta AHY Jadi Cawapres

RUU PDP dibentuk dibentuk untuk mengintegrasikan semua kebutuhan dan kepentingan yang ada menyangkut persoalan data pribadi masyarakat Indonesia.

Menurut Nurul, Indonesia sebetulnya telah memiliki peraturan terkait dengan data pribadi. Hanya saja hingga saat ini belum terintegrasi.

"Masing-masing berbicara tentang sektornya," ujar Nurul.

Nurul Arifin menjelaskan, beberapa peraturan yang dimaksud adalah Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, dan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Berikutnya, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik, serta Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

"Oleh karena itu, pentingnya RUU PDP ini adalah mengintegrasikan semua kebutuhan dan kepentingan yang ada seputar masalah data pribadi," ujar Nurul.

Baca juga: Kenang 100 Hari Meninggal Putri Sulung, Nurul Arifin: Maura Sudah Menjadi Malaikat Kecil untuk Kami

Nurul lantas menyinggung soal jumlah pengguna internet di Tanah Air.

Penetrasi pengguna masyarakat Indonesia sudah sangat tinggi sehingga diperlukan satu regulasi yang mengatur secara komprhensif mengenai data pribadi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved