Pandemi Virus Corona

Waspada, Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat Lagi, Dampak Mobilitas Tinggi dan Prokes yang Longgar

Bagi warga Jakarta waspada, sebab saat ini kasus Covid-19 meningkat tajam. Jika tak disikapi bisa berbahaya, dampak prokes yang longgar.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi - Petugas mengingatkan pengunjung agar menerapkan protokol kesehatan selama berlibur di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Sebab saat ini terjadi penurunan kesadaran akan prokes. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta meningkat beberapa pekan terakhir. Warga pun diminta tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi booster.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 belakangan terus meningkat.

Dalam empat terakhir jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta sebanyak 616 kasus, meningkat menjadi 782 kasus, kemudian 1.165 kasus dan terakhir sebanyak 1.940 kasus.

Baca juga: Meski Ada Wabah PMK, Pedagang Hewan Kurban di Kabupaten Bekasi Tetap Memasok Sapi dari Jawa Timur

Selain itu angka persentase positif dari hasil pemeriksaan PCR juga mengalami peningkatan dari sebelumnya 1,3 persen menjadi 4,6 persen dalam satu minggu terakhir.

“Data sementara saat ini menunjukkan tren kenaikan kasus positif terjadi pada seluruh kelompok usia,” ucap Dwi, Selasa (14/6/2022).
Meski terjadi peningkatan kasus Covid-19, tetapi tidak ada peningkatan persentase kematian yang disebabkan Covid-19 selama sepekan terakhir.

Dwi menambahkan kenaikan kasus Covid-19 di DKI Jakarta disebabkan berbagai faktor.

Baca juga: Majelis Hakim Pengadilan Karawang Diskon Vonis Terdakwa Pemerkosa Balita, Sayang Keluarga Menerima

Salah satunya sebagian besar masyarakat melakukan mobilitas seperti saat sebelum pandemi.

Selain itu penerapan protokol kesehatan yang mulai melonggar juga disinyalir jadi penyebab jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta belakangan meningkat.

Ditambah terjadi penurunan kekebalan (antibodi) pada orang yang sudah mengikuti dua kali vaksinasi Covid-19 (dosis lengkap), tapi belum menerima vaksinasi ketiga (booster), serta faktor lainnya.

Menyikapi hal itu, masyarakat dapat membantu dalam melakukan pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

“Dan juga melakukan vaksinasi Covid-19 secara lengkap dua kali untuk usia 6-17 tahun serta dosis ketiga (booster) untuk 18 tahun ke atas,” katanya.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Ini adalah ikhtiar bersama, jangan sampai momen pahit itu terulang,” katanya.

Baca juga: Daftar Nama Menteri yang akan Direshuffle Jokowi, Ada Yasin Limpo, Sofyan Djalil, Surya Tjandra ?

Seperti di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, saat ini mengalami kenaikan cukup tinggi.

Dalam sepekan tercatat sebanyak 13 warga dinyatakan positif Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved