Bus Listrik

Penumpang Bus Listrik tak Perlu Khawatir, PT Mayasari Bakti Jamin Bus Transjakarta Minim Korsleting

Manajemen PT Mayasari Bakti menjamin keamanan bus Transjakarta bettenaga listrik yang dipasoknya, tak akan terjadi korsleting.

HO
PT Mayasari Sari meluncurkan sebanyak 30 unit bus listrik untuk digunakan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Manajemen pun menjamin bus tersebut aman dan tidak memicu korsleting listrik. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Mayasari Bakti meluncurkan sebanyak 30 unit bus listrik agar bisa melayani para pelanggan Transjakarta.

Manajemen Mayasari Bakti mengklaim bus-bus tersebut minim risiko terjadinya korsleting, meski bertenaga listrik.

Direktur Umum dan Personalia PT Mayasari Bakti Achmad Zulkifli mengatakan, 30 unit bus listrik itu akan digunakan pada rute Blok M - Senen serta Tanah Abang - Senen.

Baca juga: Ungkap Kondisi Jenazah Eril, Ridwan Kamil: Utuh, Rapih, dan Wangi Daun Eucalyptus

Selain itu, pihaknya juga membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di depo Mayasari Bakti di Jalan Lapangan Tembak, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

"Selain kita melakukan pengadaan bus listrik, kita juga membangun charging station atau SKPLU untuk pengisian bahan energinya, berupa listrik," kata Zulkifli, Kamis (9/6/2022).

Nantinya akan disediakan pengisian energi listrik berkapasitas tegangan 2.500.000 VA dengan 10 tempat pengisian berkapasitas 200 kwh hasil kerja sama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Baca juga: Ridwan Kamil Bersyukur Bisa Kembali Memeluk dan Memandikan Eril Sesuai Syariat Islam

Ia juga mengklaim bus listrik yang diluncurkan sudah melalui proses uji coba, dimana hasilnya itu seluruh armada dinyatakan laik jalan untuk bisa melayani pelanggan Transjakarta.

"Dari uji coba yang sudah kita lakukan sampai hari ini relatif aman, karena dari tujuh atau delapan rit itu kita konsumsi listrik kisaran 65-70 persen dari totalnya sehingga masih relatif aman," katanya.

Dengan demikian para penumpang diharapkan tidak perlu khawatir bus kehabisan daya saat berada dalam perjalanan.

Kelebihan lain yang ditawarkan armada bus listrik ini adalah fasilitas penumpang yang bisa mengisi daya (charge HP) di masing-masing kursi.

Audrey (18), penumpang Transjakarta di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, senang atas kehadiran bus listrik.
Audrey (18), penumpang Transjakarta di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, senang atas kehadiran bus listrik. (warta kota/rendy rutama)

Sementara itu, After Service Sales Manager Bakri Autopart, Eka Saputra mengatakan bahwa seluruh armada bus listrik PT Mayasari Bakti dilengkapi dengan sistem pencegahan terjadinya korsleting.

"Jadi sudah dipikirkan apakah terjadi (hubungan arus pendek) sudah ada safety-nya. Jadi kita bisa bilang 99 persen tidak mungkin ada kecelakaan kesetrum di mobil," ujarnya.

Menurut Eka, seluruh komponen di dalam bus listrik sudah dilengkapi seal (pelapis) mencegah air masuk, termasuk bagian bawah bus saat melintasi genangan agar tidak terjadi korsleting.

Selain itu instalasi listrik armada pun juga sudah dirancang agar pada saat terjadi hubungan arus pendek langsung seketika mati. Sehingga tidak membahayakan seluruh penumpang dalam bus.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved