Uji Coba Bus Transjakarta

Transjakarta Kembali Lakukan Uji Coba Tiga Merek Bus Listrik pada Rute Kampung Melayu-Tanah Abang

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan uji coba bus listrik dari 3 merek terbaru, yakni Zhongtong, Skywell dan Golden Dragon.  

Penulis: Gilar Prayogo | Editor: Sigit Nugroho
Warta Kota/Gilar Prayogo
Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur , Rabu (8/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan uji coba bus listrik dari 3 merek terbaru, yakni Zhongtong, Skywell dan Golden Dragon.  

Ketiga bus tersebut diujicobakan di jalur Non Bus Rapid Transit (BRT) pada rute Kampung Melayu - Tanah Abang yang belum pernah dilintasi bus listrik sebelumnya.

Pelepasan ujicoba bus listrik dilakukan di Depo Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (8/6/2022).

Acara pelepasan uji coba bus listrik itu dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, jajaran direksi dan komisaris PT Transjakarta, pemegang merek bus listrik dan mitra operator bus besar. 

Baca juga: Penumpang Busway Dicopet dan Luka-luka, PT Transjakarta Evaluasi Pengamanan  

Baca juga: Pemprov DKI All Out, Kerahkan 50 Unit Bus Transjakarta Premium Royaltrans untuk Penonton Formula E

Baca juga: PT Transjakarta akan Kirim 25 Orang ke Universitas Oxford untuk Belajar Bus Listrik

"Transjakarta kembali melakukan uji coba, ini adalah hal yang luar biasa. Uji cobanya yang biasanya dilaksanakan secara parsial per APM maka hari ini peluncurannya dilakukan sekaligus 3 APM," kata Syafrin, Rabu (8/6/2022).

Adanya 3 APM melakukan uji coba, maka pihaknya berharap bahwa semakin banyak APM yang berpatisipasi untuk merealisasikan program Jakarta dalam rangka mempercepat implementasi kendaraan listrik.

Khusus bus listrik Transjakarta yang berbahan baterai, dirinya akan melengkapi yang saat ini sudah dioperasionalkan oleh Transjakarta, yaitu sebanyak 30 unit bus. 

BERITA VIDEO: Jakarta Fair Akan Bertabur 39 Bintang, Cek Jadwal Konsernya

“Uji coba bus listrik di rute baru ini, diharapkan dapat memperkenalkan medan baru pada kesiapan bus listrik sebelum resmi beroperasi mengangkut pelanggan nantinya,” ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta, Anang Rizkani Noor.

Anang menuturkan bahwa tahap ini akan dilakukan ujicoba beban pada masing-masing bus selama 3 (tiga) bulan ke depan.

Selain ketahanan baterai, pada masa uji coba juga memastikan serta sertifikasi kesesuaian terhadap kebutuhan Transjakarta. 

"Kami ingin memastikan bus-bus tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berlaku di Transjakarta. Sebab dalam jangka panjang, fokus Transjakarta tidak hanya memberikan akses transportasi yang hanya aman dan nyaman saja tetapi juga ramah lingkungan, sesuai dengan cita-cita Pemprov DKI mencapai Net Zero Emission,” tutur Anang.

Anang berujar bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi sebelum penerapan bus listrik secara penuh.

Dia berharap, dapat berjalan lancar dan segera mengaspal di seluruh rute Transjakarta yang ada.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved