Car Free Day

Syafrin Liputo Kesal Pengunjung CFD tak Mau Scan QR Code PeduliLindungi

Kadishub DKI Syafrin Liputo kesal melihat tingkah warga Jakarta yang kini abai menggunakan aplikasi Peduli Lindungi saat CFD.

Warta Kota
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo meninjau pelaksanan car free day (CFD) yang digelar di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dia kesal karena banyak warga Jakarta yang abai menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah mengevaluasi pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD), Minggu (22/5/2022) lalu.

Hasilnya, banyak pengunjung CFD yang belum melakukan scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi, padahal langkah itu dilakukan untuk menskirining masyarakat terkait vaksinasi, termasuk status yang bersangkutan terhadap Covid-19.

Baca juga: Pandemi Virus Corona Melandai, Dishub DKI Perluas Kebijakan Ganjil Genap Jadi 25 Ruas Jalan

“HBKB terbatas tanpa pertisipan dan PKL pada tanggal 22 Mei, secara umum berjalan lancar tidak ada kejadian permasalahan yang menonjol," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kamis (26/5/2022).

"Masih banyak pengunjung yang belum melakukan scan QR Code PeduliLindungi,” imbuhnya.

Syafrin mengatakan, masyarakat yang mengikuti CFD di enam ruas jalan cukup ramai. Berdasarkan total traffic yang dilakukan petugas di Sudirman-Thamrin, terdapat 27.766 pejalan kaki dan 3.545 pesepeda di sana.

Dia berharap, masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk melakukan scan QR Code.

Baca juga: Erie Suzan Tampil Gothic hingga Pakai Boot Setinggi Lutut, Kembali Muda di Klip Kekasih Tak Setia

Apalagi petugas telah menyiapkan 54 lokasi titik pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi, terutama di kawasan Sudirman-Thamrin.

“Keseluruhannya itu (54 titik) sudah kami koordinasikan dengan Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan QR Code,” ujar Syafrin.

Guna meningkatkan partisipasi, Syafrin telah berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemangku kepentingan lainnya agar mengarahkan masyarakat melakukan scan QR Code.

Baca juga: Terungkap Doddy Sudrajat Tak Pernah Kasih Nafkah Anak, Puput yang Biayai Hidupnya

Bahkan Polda Metro Jaya, Satpol PP dan Dinas Kesehatan juga siap menambah personel untuk pelaksanaan CFD pada Minggu (29/5/2022) mendatang.

“Kami harapkan dengan upaya-upaya tambahan personel ini dan tentu ditambah dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan pentingnya kontrol terhadap scan QR Code itu, bisa meningkatkan partisipasi mereka dalam melakukan scan,” jelasnya.

“Kemudian seluruhnya yang akan beraktivitas di HBKB itu sudah bisa dipastikan telah melakukan scan QR Code atau paling tidak mereka menunjukkan sertifikat vaksin yang kedua, minimal,” sambungnya.

Warga Jakarta menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang kembali digelar, Minggu (22/5/2022).
Warga Jakarta menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang kembali digelar, Minggu (22/5/2022). (warta kota/ramadhan LQ)

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga melakukan pengukuran kualitas udara, dibanding posisi hari-hari sebelumnya.

Untuk rinciannya, kandungan CO menurun 18,27 persen; SO2 meningkat 28,44 persen; PM10 menurun 22,71 persen; PM2,5 menurun 8,59 persen NO menurun 45,01 persen dan NMHC menurun 18,79 persen.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved