Berita Video

VIDEO : Polisi Uji Coba Sistem Ganjil Genap Mudik di Tol Jakarta Cikampek

Sesuai tanggal hari ini 25 April 2022, para pengendara yang berpelat genap dialihkan keluar menuju Gerbang Tol Karawang Barat.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Alex Suban
Wartakotalive.com/Miftahul Munir
Polisi uji coba rekayasa lalu lintas ganjil-genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, dalam rangka arus mudik Lebaran pada Senin (25/4/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Kepolisian bersama Jasa Marga melakukan uji coba rekayasa lalu lintas ganjil-genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dalam rangka arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, pada Senin (25/4/2022).

Dilaporkan oleh Wartawan Wartakotalive.com, Muhammad Azzam, uji coba ganjil genap di Tol Jakarta Cikampek sedianya dimulai pukul 11.00 WIB. Akan tetapi baru mulai pukul 11.50 WIB. Petugas Kepolisian bersama Jasa Marga bersiap di posko KM 47 Tol Japek.

Simak Video Berikut :

Terlihat barrier dipasang di jalan 200 meter, lalu papan petunjuk bertuliskan ganjil genap terpasang di lokasi.

Petugas Kepolisian dari Korlantas Polri, Polda Jawa Barat dan Polres Karawang nampak mengatur kendaraan yang melintas dan mengarahkan kendaraan yang pelat nomor polisi tidak sesuai tanggal ganjil genap keluar tol.

Sesuai tanggal, para pengendara yang berpelat genap dialihkan keluar menuju Gerbang Tol Karawang Barat.

Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan uji coba rekayasa lalu lintas di jalan tol ini dilakukan guna melihat kesiapan dan tingkat efektifitas.

Baca juga: Uji Coba Ganjil Genap di Tol Cikampek Mulai Diterapkan Hari Senin Ini, Berikut Jadwalnya

Baca juga: Ganjil Genap Bogor, Sabtu 23 April Hanya Pelat Ganjil Boleh Lewat Jalur Puncak

"Seperti yang diumumkan kemarin siang, jadi hari ini mulai ujicoba ganjil genap untuk sebelumnya nantinya mulai dilakukan pada tanggal 28 April 2022," kata Eddy kepada awak media di KM 47 Jalan Tol Japek, pada Senin (25/4/2022).

Eddy menerangkan, penerapan ganjil genap ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan yang terjadi di jalan tol selama arus mudik lebaran.

Pasalnya, kapasitas jalan tidak sesuai dengan kendaraan yang nanti akan melintasi saat mudik lebaran.

"Maka itu ada kebijakan ganjil genap, dan hari ini kita lakukan ujicoba terlebih dahulu melihat kondisi dan situasinya di lapangan tadi di KM 10 sebelum tol layang dan ini di KM 47 Karawang Barat," beber dia.

Atas kebijakan ini, Eddy meminta warga yang hendak mudik agar mematuhi kebijakan ganjil genap ini.

Berangkat ke kampung halamannya melintasi jalan tol disesuaikan pelat nomor kendaraan dengan tanggal ganjil ataupun genap.

"Jadi nanti ada pengalihan arus diarahkan keluar tol bagi yang tidam sesuai nomor polisinya dengan tanggal ganjil ataupun genap," tandasnya. (MAZ)

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved