Demo Mahasiswa

Manajemen Transjakarta tak Khawatir pada Aksi Demo Mahasiswa, Operasional Normal bagi Masyarakat

Manajemen PT Transjakarta ternyata santai menghadap aksi demo mahasiswa yang kabarnya bakal besar, mereka tetap operasional normal.

WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Ilustrasi - Bus Transjakarta akan beroperasi normal, Senin (11/4/2022), meski ada aksi demo mahasiswa yang cukup besar. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Masyarakat pengguna bus Transjakarta tak perlu khawatir. Mereka tetap bisa bermobilitas memanfaatkan moda transportasi umum secara normal sejak jam operasi layanan dimulai pada pagi hari.

Padahal, Senin (11/4/2022) akan ada rencana aksi unjuk rasa Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

Jika ada penyesuainan layanan yang mungkin perlu diimplementasikan, tentu akan melalui koordinasi dengan pihak berwajib, terutama soal rute-rute maupun dan fasilitas Transjakarta.

Baca juga: Dirlantas Polda Metro Imbau Masyarakat Perhatian pada Arus Lalu Lintas, Sebab Ada Demo Mahasiswa

“Jika terdapat informasi penyesuaian layanan, tentu akan disampaikan secara masif dan langsung,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transjakarta Angelina Betris berdasarkan keterangannya, Senin (11/4/2022).

Betris mengatakan, petugas Transjakarta akan turut menyampaikan informasi secara lengkap atas setiap penyesuaian yang diimplementasikan.

Transjakarta akan memanfaatkan media baik itu media sosial maupun media massa untuk menjangkau para pelanggan Transjakarta, sehingga pengguna transportasi umum memiliki informasi yang lengkap dan utuh.

Transjakarta, kata Betris, juga mengimbau kepada pelanggan Transjakarta untuk menyusun waktu untuk kenyamanan dalam bermobilitas dengan transportasi publik. Salah satunya melalui keberangkatan awal guna menghindari dampak dari kegiatan aksi unjuk rasa.

“Adapun jam layanan operasional Transjakarta mulai dari pukul 05.00 WIB – 24.00 WIB efektif mulai Senin (11/4/2022). Ketentuan ini merupakan tindaklanjut dari Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Nomor 198 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengaturan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019,” jelasnya.

Baca juga: Polsek Ciputat Timur Bakal Amankan Pelajar yang Ingin Ikut Demo Mahasiswa di DPR RI

Menurutnya, kapasitas bus Transjakarta ditetapkan maksimal dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pelanggan Transjakarta diwajibkan untuk menunjukan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19 baik melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI maupun dokumen yang print ataupun digital kepada petugas.

Selain itu, seluruh pengguna Transjakarta diwajibkan menggunakan masker dan melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki area halte. “Kami mengimbau agar pelanggan untuk mematuhi semua aturan yang berlaku untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama,” imbuhnya.

Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang Transjakarta bisa mengakses media sosial Transjakarta di Twitter: @PT_Transjakarta dan Instagram: @pt_transjakarta. Pelanggan juga dapat gunakan selalu aplikasi TIJE untuk mendukung mobilitasnya.

Diketahui, BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana untuk menggelar aksi unjuk rasa di gedung DPR RI pada Senin (11/4/2022).

Demonstrasi dilakukan untuk menyuarakan sejumlah tuntutan seperti menolak penundaan Pemilu 2024, perpanjangan masa jabatan tiga periode, serta menstabilkan harga dan ketersediaan sembako.

Baca juga: Ade Yasin Minta Masyarakat tak Takut Jika Melihat Kekerasan dalam Rumah Tangga

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved