Ramadan

Ramadan 2022, Pemkot Tangsel Izinkan Restoran Beroperasi Siang Hari dan Larang SOTR

Selain itu Pemkot Tangsel melarang kegiatan sahur on the road (SOTR) karena berpotensi menjadi ajang balap liar dan tawuran.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Rizki Amana
Sekda Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo saat ditemui Warta Kota, di bilangan Serpong Utara, Kota Tangsel 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG SELATAN -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menetapkan bahwa di bulan Ramadan kali ini memperbolehkan restoran dan rumah makan beroperasi siang hari. Dengan catatan mereka menggunakan penutup tirai.

Selain itu Pemkot Tangsel melarang kegiatan sahur on the road (SOTR) karena berpotensi menjadi ajang balap liar dan tawuran.

"Saya tegaskan bahwa ini adalah bentuk harmonisasi dari tiga penetapan. Satu adalah tausiyahnya MUI, dua adalah Surat Edaran Menteri Agama, ketiganya SE PPKM yang memang berkaitan dengan kondisi leveling dari Keementerian Dalam Negeri. Kita sudah membuat mengharmonisasi khusus berkaitan dengan pelaksanaan ibadah Ramadan tahun ini," kata Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo saat ditemui Wartakotalive.com, Sabtu (2/4/2022).

Bambang menuturkan kebijakan yang dilakukan pihaknya dalam momentum bulan ramadan terbagi pada berbagai sektor kegiatan masyarakat maupun industri. 

Baca juga: Bulan Suci Ramadan, Jumlah Jamaah Salat Tarawih di Masjid Raya Al-Azhom Tangerang, Pengurus: 2.000

Baca juga: SALAM Ramadan dari 16 Bahasa Asing, Apa Beda Ramadan Kareem dan Ramadan Mubarak,

Pada sektor kegiatan masyarakat yakni berupa larangan kegiatan sahur on the road (SOTR) maupun aturan dalam ibadah di bulan ramadan. 

"SOTR jelas dilarang, salat tarawih ada penegasan bahwa pengaturannya harus menggunakan protokol kesehatan, lalu buka bersama (bukber) dibatasi 75 persen," ungkap Bambang. 

Sementara pada bidang industri pihaknya melarang operasional tempat hiburan malam (THM). 

Baca juga: Masjid Istiqlal Jakarta Dipenuhi Jamaah yang Akan Melaksanakan Salat Tarawih Hari Pertama Ramadan

Baca juga: Menu Sehat Sahur dan Buka Puasa Ramadan dari Dokter Zaidul Akbar, Bonusnya Langsing

Sedangkan pada industri kuliner terdapat batasan operasional sesuai dengan penerapan PPKM Level 2.

"Jam buka restoran kita akan mulai buka jam 12.00 WIB tutupnya jam 21.00 WIB. Kalau buka sebelum jam buka puasa dia harus melakukan upaya tidak terbuka ditutup pakai tirai dan sebagainya simpel saja," pungkasnya. (riz) 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved