Berita Nasional

Zulhas Temui Gibran di Solo, Pengamat Anggap Hal yang Tidak Biasa, Prediksi terkait Lobi Reshuffle

Pertemuan dengan putra sulung Presiden Jokowi tersebut dinilai menarik, karena Gibran dianggap memiliki peran penting dari proses negosiasi.

Editor: Feryanto Hadi
TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM
Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. 

WARTAKOTALIVE.COM, SOLO-- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Pertemuan tersebut memunculkan sejumlah spekulasi.

Terlebih pertemuan Zulhas sapaan akrabnya dengan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah mencuatnya PAN bakal masuk ke Kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Pengamat Psikologi Politik UNS Solo, Moh Abdul Hakim mengatakan jika langkah Ketum PAN Zulhas menemui anak Presiden Jokowi sebagai hal tak biasa.

Pasalnya isu reshuffle kabinet kian mencuat dan mengarah ke PAN.

"Itu tanda proses negosiasi politik reshuffle kabinet masih berlangsung," katanya kepada TribunSolo.com, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Sekjen PDIP Bilang Masalah Minyak Goreng Bisa Dorong Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet

"Jika ingin mendapat kursi di kabinet, PAN dituntut untuk memberikan imbalan politik yang sepadan," imbuhnya.

Menurut Hakim pertemuan dengan putra sulung Presiden Jokowi tersebut dinilai menarik, karena Gibran dinilai ternyata memiliki peran penting dari proses negosiasi.

Apalagi ketika Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas berpesan menitipkan Nadhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kepada Gibran, yang notabenenya menjabat sebagai Wali Kota saja. 

"Itu diartikan, jika PAN sedang berusaha menjaga dukungan organisasi dan jamaah NU dan Muhammadiyah kepada pemerintah," aku dia.

Mengingat saat ini kepercayaan publik kepada pemerintahan Presiden Jokowi menurun setelah harga minyak goreng melambung hingga perpanjangan masa jabatan.

"Selain itu ada gonjang-ganjing isu pencarian JHT kan," terangnya.

Baca juga: PKB Tak Ingin Diganggu Jika Ada Reshuffle Kabinet, Sekjen PDIP: Jokowi Pegang Etika Politik

Tak hanya dengan Zulkifli Hasan saja, sejumlah Ketua Umum Partai Politik berbondong-bondong datang ke Solo untuk menemui Gibran beberapa hari terakhir.

Ada nama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Perindo, Harus Tanoesoedibjo yang datang ke Solo, pada Minggu (27/3/2022) lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Solo
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved