Berita Nasional

Rendang Goes to Europe Menduniakan Kuliner Nusantara,Sandiaga Uno: Buka Peluang Usaha-Lapangan Kerja

Sambut Ekonomi Baru-Dorong Penciptaan Lapangan Kerja, Rendang Goes to Europe

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Kick Off Rendang Goes to Europe di Conrad Hotel Nusa Dua, Bali pada Kamis (24/3/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, BALI - Kolaborasi dengan Iwan Bogananta selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Rendang Goes to Europe.

Rendang Goes to Europe yang dinilai sebagai pilot project mendunianya kuliner nusantara itu akan dikemas dengan logo Wonderful Indonesia, guna memperkuat branding rendang di pasar internasional.

"Harapan kita ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak sekali. Dan lebih mempromosikan bukan hanya produk ekonomi kreatif kita, tapi juga destinasi wisata yang ada di tanah air melalui Logo Wonderful Indonesia," ungkap Sandiaga Uno di Conrad Hotel Nusa Dua, Bali pada Kamis (24/3/2022).

"Ini adalah tatanan ekonomi baru kita berkolaborasi sangat cepat," ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, Rendang Goes to Europe menjadi bagian dari gerakan nasional Indonesia Spice Up The World (ISUTW) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 2021 lalu.

ISUTW sendiri merupakan sebuah gerakan nasional yang diusung pemerintah untuk tujuan meningkatkan nilai ekonomi di pariwisata, perdagangan dan investasi melalui industri gastronomi.

“Semoga ke depan tidak hanya rendang, tapi juga kuliner produk UMKM Indonesia lainnya dapat dikenal dunia dan dinikmati seluruh diaspora Indonesia yang ada di belahan dunia,” ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: FSM Angkat Kearifan Lokal, Sandiaga Uno : Lahirkan Sineas Berbakat-Buka Lapangan Kerja

Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Apresiasi Pentas Danau Toba

"Pasar eropa ini sangat besar. Dahulu orang Eropa berlayar ke Indonesia mencari bumbu atau rempah-rempah. Sekarang kita balik, bumbu-bumbunya yang menghampiri eropa kita bisa menggunakan 'hub' di Bulgaria ini sebagai entri poin ke Eropa. Ujungnya adalah pemberdayaan UMKM dan peluang usaha semakin meningkat," sambungnya.

Atas undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Iwan Bogananta bersama pemilik Bella Ltd, Dimitri Vintzilaios telah berkunjung ke tanah air untuk bertemu dengan para stakeholder dan mitra kerja.

Kunjungan ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari program ISUTW dan rencana pengembangan pasar rendang melalui Bulgaria sebagai penghubung perdagangan internasional.

Puncak kunjungan ke Indonesia ini ditandai dengan Kick Off Rendang Goes to Europe dengan menggunakan logo Wonderful Indonesia dalam kemasan produk rendang yang akan diproduksi di Bulgaria.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved