KRONOLOGI Paskhas Berubah Nama Jadi Kopasgat, Disarankan oleh KSAU

Rekomendasi rapat, kata dia, menyetujui pembentukan Koopsau 3, sementara Koopsudnas akan dibahas pada rapat berikutnya.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/alex suban
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah menjelaskan latar belakang perubahan nama pasukan elite Korps Pasukan Khas (Korpaskhas), menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah menjelaskan latar belakang perubahan nama pasukan elite Korps Pasukan Khas (Korpaskhas), menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Indan mengatakan, seiring terbitnya Perpres 66/2019 tentang organisasi tugas dan jabatan di lingkungan TNI, terbitlah Perpang TNI 37/2019 tentang struktur organisasi tugas dan jabatan TNI AU.

Kemudian, kata dia, ditindaklanjuti dengan keluarnya Perpang TNI 43/2019 tentang struktur organisasi tugas di jajaran TNI AU.

Baca juga: Paskhas TNI AU Ganti Nama Jadi Kopasgat, Koopsau Jadi Koopsud

Sebelumnya, kata dia, pada 9 Februari 2018, digelar rapat validasi organisasi TNI AU oleh Dewan Pembentukan Organisasi TNI AU (Deporau) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), dengan agenda membahas organisasi Koopsau 3 dan Koopsudnas.

Rekomendasi rapat, kata dia, menyetujui pembentukan Koopsau 3, sementara Koopsudnas akan dibahas pada rapat berikutnya.

Pada agenda rapat Koopsudnas, lanjut Indan, dibahas penarikan Kohanudnas ke dalam TNI AU menjadi Kotamops dan Kotamabin TNI AU, serta mengubah nomenklatur Kohanudnas menjadi Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas).

Baca juga: Dituding Legislator Demokrat Sembunyikan Kasus, Ketua KPK: Semuanya Transparan

"Dalam proses rapat tersebut muncul saran dari KSAU untuk mengubah nomenklatur Korpaskhas (Korps Pasukan Khas), menjadi Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat)," kata Indan ketika dihubungi Tribunnews, Rabu (26/1/2022).

Perubahan nomenklatur tersebut tertuang dalam Perpang TNI 26/2019 tentang organisasi tugas Kopasgat.

Seiring perubahan nomenklatur, kata dia, juga diiringi beberapa perubahan terkait fungsi organisasi Kopasgat, yaitu yang menyangkut fungsi organik satuan dan fungsi pembinaan kemampuan teknis.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Indonesia 26 Januari: Rekor Tertinggi di 2022! Pasien Positif Tambah 7.010 Orang

"Selain itu juga ada tambahan jabatan bintang satu, yaitu Irkopasgat," terang Indan.

Sebelumnya Wartakotalive memberitakan, Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas TNI AU) berganti nama menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Hal tersebut termuat dalam Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Jumat (21/1/2022) malam.

Baca juga: Jokowi Diharapkan Pilih Putra Asli Kalimantan Jadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara

Dalam salinan keputusan Panglima TNI Nomor 66/I/2022 yang beredar, termuat adanya perubahan nama satuan yang terlihat dari perubahan nama jabatan pimpinan satuan tersebut.

Perubahan tersebut di antaranya terlihat pada jabatan Dankorpaskhas yang dijabat oleh Marsda TNI Eris Widodo Yuliastono, berubah menjadi Dankopasgat.

Dalam kolom keterangan di salinan keputusan tersebut tertulis validasi orgas (validasi organisasi).

Baca juga: Satgas Covid-19: Untuk Pertama Kali Kita Berhasil Lewati Libur Nataru dengan Kasus Terkendali

Sama halnya dengan jabatan Wadankorpaskhas yang dijabat oleh Marsma TNI Taspin Hasan menjadi Wadankopasgat.

Perubahan juga tampak pada Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) I, II, dan III.

Jabatan Pangkoopsau I yang dijabat Marsda TNI Rizalihadi, Pangkoopsau II yang dijabat Marsda TNI Minggit Wibowo, dan Pangkoopsau III yang dijabat Marsda TNI Samsul Rizal, kini berubah nama jabatan menjadi Pangkoopsud I, Pangkoopsud II, dan Pangkoopsud III.

Dalam kolom keterangan pada salinan surat keputusan tersebut juga tertulis validasi orgas (validasi organisasi). (Gita Irawan)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved