Aparat Satpol PP Bakal Awasi Aktivitas di Pasar Pagi Asemka dan Pastikan Terapkan Prokes

biasanya menjelang Natal dan tahun baru banyak orangtua yang mengajak anak-anaknya ke Pasar Pagi Asemka untuk berbelanja.

Penulis: Miftahul Munir | Editor: Agus Himawan
Warta Kota
Puluhan anggota Satpol PP Kecamatan Tambora dibantu Dinas Perhubungan bakal mengawasi kawasan Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat jelang Natal dan Tahun Baru 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Puluhan anggota Satpol PP Kecamatan Tambora dibantu personel Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat bakal mengawasi kawasan Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Pengawasan dilakukan dengan tujuan agar para pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Asemka tetap menataati protokol kesehatan (Prokes).

Kepala Satpol PP Kecamatan Tambora, J Situmorang, mengatakan, ada 30 personel yang disiagakan setiap hari untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di Pasar Pagi Asemka.

“Jadi sesuai dengan instruksi pimpinan baik itu Kepala Satpol PP DKI Jakarta dan Wali Kota Jakarta Barat. Kami zkan melakukan pengawasan agar masyarakat taat prokes,” ujar Situmorang, Kamis (23/12/2021).

 Situmorang melanjutkan, anggotanya bakal mengingatkan masyarakat dan pedagang untuk menggunakan masker dan jaga jarak.

Sebab, biasanya menjelang Natal dan tahun baru banyak orangtua yang mengajak anak-anaknya ke Pasar Pagi Asemka untuk berbelanja.

“Kami juga melakukan pengawasan kepada pedagang yang berjuakan kembang api di sana,” tegas dia. Menurut Situmorang, kawasan Tambora khususnya pedagang di Pasar Pagi menjajakan barang dagangannya secara unik. Pasalnya, ada pedagang musiman berjualan sesuai jelang hari perayaan atau pergantian tahun.

Misalnya, jika jelang Lebaran, Natal, atau tahun baru, banyak pedagang berjualan kembang api. Kemudian sebelum pergantian tahun baru banyak pedagang berjualan kalender dan sebagainya.

“Jauh-jauh hari kami sudah lakukan sosialisasi kepada pedagang," ujarnya. Situmorang menambahkan, selama Natal dan tahn baru, pedagang di kawasan Pasar Pagi Asemka boleh berjualan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Pihaknya juga sudah mengatur arus lalu lintas untuk Natal dan Tahun Baru yaitu di Jalan Pintu Kecil akan dialihkan ke Kawasan Kota Tua.

Baca juga: Toko-toko Tutup, PKL di Sepanjang Jalan Asemka Tetap Berjualan di Tengah PSBB

Tujuannya agar ketika malam perayaan Natal dan tahun baru tidak terjadi penumpukan kendaraan. “Jadi kami melakukan pengawasan agar pedagang tidak tumpah ke jalan,” ucap dia.

Sementara itu, pedagang kembang api di Pasar Pagi Asemka yang tidak mau sebutkan namanya mengaku, pembeli biasanya mulai ramai H-2 tahun baru.

Namun ia tidak tahu apakah tahun ini bakal ramai pembeli atau tidak karena sedang pandemi Covid-19.

“Kalau tahun-tahun sebelum ada Covid-19 itu ramai pembelinya, kalau sekarang enggak tahu,” tegas dia. Pada tahun baru 2020, pembeli kembang api tidak terlihat ramai, tapi ada saja yang memborong dagangannya.

Ia berharap pandemi cepat usai agar barang dagangannya ramai dibeli oleh masyarakat saat tahun baru. “Nanti lihat saja H-2 ramai apa enggaknya,” kata dia.

Di tempat sama, salah seorang warga, Endah, mengaku, selalu berbelanja di Pasar Pagi Asemka saat menjelang perayaan tahun baru.

Endah mengaku ingin membeli kembang api untuk anaknya saat perayaan tahun baru. “Ini kan bukan petasan, kalau kembang api kan diperbolehkan,” ujar Endah.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved