Kabar Artis

Dwiki Dharmawan dan Ferdinand Soputan Eksplorasi Kolintang Lewat Duo Kolintang

Musisi Dwiki Dharmawan dan Ferdinand Soputan Eksplorasi Kolintang Lewat Duo Kolintang 'The Sounds from Minahasa'

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Musisi Dwiki Dharmawan dan Ferdinand Soputan yang dikenal sebagai musisi kolintang, meluncurkan sebuah karya album musik berjudul 'Duo Kolintang; The Sounds From Minahasa', Selasa (21/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di penghujung tahun 2021, musisi Dwiki Dharmawan bersama Ferdinand Soputan yang dikenal sebagai musisi kolintang, meluncurkan sebuah karya album musik berjudul 'Duo Kolintang; The Sounds From Minahasa'.

Karya ini, sejatinya merupakan kerja kolaboratif Dwiki Dharmawan yang telah dikenal luas sebagai pianis jazz bersama musisi kolintang muda, Ferdinand Soputan, yang juga sudah dikenal sebagai pemain atau pelatih kolintang dengan sejuta talenta.

"Jadi karya ini merupakan kolaborasi piano dan kolintang dan saya lebih senang menyebutnya sebagai 'Duo Kolintang'," kata Dwiki saat jumpa pers secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Ia memaparkan, di dalam karya kolaborasi ini, muncul sebuah model aransemen yang berbeda dengan aransemen biasanya dalam penggarapan musik kolintang.

Baca juga: 3 Ide Kegiatan lain untuk Merayakan Hari Ibu

Baca juga: Tidak Hanya Memberikan Kado, ini 3 Cara untuk Merayakan Momen Spesial Bersama Ibu Tercinta

Apalagi, saat ini kolintang yang merupakan salah satu musik khas Minahasa tengah dalam proses menuju UNESCO (Organisasi dunia yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan)

"Karya ini dilatarbelakangi oleh keinginan kami untuk mengeksplorasi salah satu musik khas Minahasa yaitu kolintang yang saat ini dalam proses menuju UNESCO, sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia, tepatnya dari suku Minahasa," kata Dwiki.

"Kita meyakini bahwa jika kita memandang jauh ke belakang, musik kolintang ini memiliki sejarah yang panjang, termasuk sarat dengan kekhasan atau memiliki keunggulan tertentu," kata Dwiki lagi.

Karena keunggulan tersebut, ia pun menegaskan, bahwa karya mereka ini adalah wujud dari pemajuan kebudayaan, karena Indonesia merupakan negeri yang kaya akan budayanya.

Musisi Dwiki Dharmawan dan  Ferdinand Soputan yang dikenal sebagai musisi kolintang, meluncurkan
sebuah karya album musik berjudul 'Duo Kolintang; The Sounds From Minahasa', Selasa (21/12/2021).
Musisi Dwiki Dharmawan dan Ferdinand Soputan yang dikenal sebagai musisi kolintang, meluncurkan sebuah karya album musik berjudul 'Duo Kolintang; The Sounds From Minahasa', Selasa (21/12/2021). (Warta Kota/Ign Agung Nugroho)

"Karena kekayaannya itulah, saya bersama Ferdinand, mencoba berkarya bersama dengan berkolaborasi, sebagai bagian awal kami untuk melahirkan karya yang lebih lengkap lagi," katanya.

Ia menambahkan, kolintang harus bergaung, ke seantero Indonesia, bahkan mancanegara.

"Maka penciptaan karya musik kolaboratif ini tentu menjadi salah satu upaya untuk menggaungkan kolintang itu, biarin kolintang itu bunyi terus, seperti aslinya: tong ting tang," ucap Dwiki.

Lahirnya albun tersebut, sekaligus 'ditemani' dengan lahirnya sebuah buku yang ditulis Dwiki Dharmawan dan Ferdinand Soputan.

##

Ikuti ulasan prediksi #IndonesiavsSingapura #PialaAFF2021

Baca juga: Jelang Semifinal Piala AFF, Timnas Singapura Soroti Elkan Baggot, Dianggap Kuat dan Tinggi

Baca juga: Shin Tae-Yong Layak Dipecat Jika Gagal Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

Baca juga: Witan Sulaeman Berpesan pada Rekannya untuk Mendengarkan Arahan Shin Tae-yong di Piala AFF

 

Ferdinand mengatakan, sejatinya album rekaman yang telah dikerjakan ini, merupakan langkah pertama dalam upaya mereka untuk dan bukan hanya menjawab tantangan global terkait adanya perubahan dalam segala segi kehidupan.

Tetapi juga, membuktikan bahwa musik kolintang itu sangat terbuka. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved