Berita Jakarta

Riza Patria: DKI dan Dunia Usaha Ingin Kolaborasi Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan di Masa Pandemi

Jakarta yang merupakan Kota Kolaborasi membutuhkan beragam kontribusi dari seluruh lapisan masyarakat dalam membangun kota, termasuk di bidang ekonomi

PPID DKI Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam acara Pengukuhan 315 Anggota Baru HIPMI Jaya Angkatan 2021 Masa Bakti 2021-2024, di The Tribata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (02/11/21) kemarin. 

WARTAKOTALIVE.COM GAMBIR -- Pemprov DKI Jakarta senantiasa membuka pintu bagi para kolaborator untuk berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi. 

DKI Jakarta yang merupakan Kota Kolaborasi tentunya membutuhkan beragam kontribusi dari seluruh lapisan masyarakat dalam membangun kota, termasuk di bidang ekonomi. 

Kolaborasi pemerintah dengan dunia usaha untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi masyarakat Jakarta, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan peran pengusaha dalam pemulihan ekonomi sangatlah penting dan strategis.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan 315 Anggota Baru HIPMI Jaya Angkatan 2021 Masa Bakti 2021-2024, di The Tribata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (02/11/21) kemarin.

"Ingat, peran pengusaha dalam pemulihan ekonomi sangatlah penting dan strategis. DKI Jakarta ini memiliki perhatian yang serius dalam menumbuhkan jumlah pengusaha atau wirausaha baru melalui pengembangan program Jakpreneur dan pemberdayaan UMKM di Jakarta," ucap Ariza pada keterangan tertulisnya yang dikutip Wartakotalive.com, Jumat (03/11/21).

Baca juga: Dani Ramdan Ajak Masyarakat dan Dunia Usaha Berani Lawan Covid-19

Baca juga: Bangkitkan Parekraf Nasional, Sandiaga Uno Ajak Akademisi dan Dunia Usaha Kolaboraksi

Ariza mengatakan, di masa pandemi ini, dengan situasi perekonomian yang semakin membaik, dirinya berharap, peran dunia usaha maupun organisasi-organisasi para pengusaha atau wirausaha, seperti HIPMI Jaya sebagai salah satu mitra Pemprov DKI Jakarta, dapat meningkatkan kontribusinya dalam pemulihan perekonomian di Ibu Kota yang terdampak pandemi. 

Ia pun berpesan agar dapat fokus pada misi dan visi organisasi, serta merealisasikannya di masa pandemi ini secara optimal. 

Apa realisasinya di masa pandemi ini? Menjadi organisasi pengusaha muda terdepan dan modern melalui strategi implementasi teknologi digital, sinergi dan kerja sama, menciptakan pengusaha-pengusaha muda baru, serta menjadi pengusaha muda yang handal sekaligus amanah dalam menjalankan organisasi.

"Jangan mudah menyerah dalam menghadapi situasi dengan ketidakpastian di era pandemi dan disrupsi ini. Selalu berusaha untuk melihat dari perspektif yang holistik dan optimis," ucapnya.

Baca juga: Survei Bank Indonesia: Kegiatan Dunia Usaha di Triwulan II 2021 Meningkat

Orang nomor dua di Ibu Kota ini menambahkan, selain fokus pada visi-misi dan leadership yang kuat, dunia usaha maupun organisasi pengusaha muda seperti HIPMI Jaya harus mampu membangun sistem secara matang. 

Bangunlah sistem, kata Ariza, mulai dari SOP, template organisasi, jaringan untuk kolaborasi, semuanya bisa siap di masa akan datang.

Kita seringkali tergoda untuk hasil-hasil yang cepat/instan, namun ternyata tidak bertahan lama.

"Apa yang kita lakukan mungkin terlihat lambat, tapi beberapa tahun lagi saat sudah stabil akan dapat meningkat pesat," jelasnya.

Baca juga: Permintaan Bantuan Makanan Meningkat, Mensos Ajak Dunia Usaha dan Dermawan Ikut Membantu

Selain itu, Ariza juga turut mengapresiasi segenap pengurus dan anggota HIPMI Jaya yang telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Jakarta.

Ariza berharap, semoga semakin bertambahnya anggota HIPMI akan menimbulkan efek domino pada pertumbuhan jumlah wirausaha muda baru di Jakarta.

HIPMI Jaya seyogianya meletakkan ilmu sebagai fondasi yang penting.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Bikin Tertarik Dunia Usaha, Danone Indonesia Targetkan 20.000 Karyawan

"Apalagi di dunia modern yang perubahannya sangat cepat, yang sangat penting dalam konstelasi problem solving kehidupan manusia," ujarnya. (m27)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved