Reuni 212

Polisi Putar Balik Bus Rombongan Massa 212 yang Hendak Menuju Monas di Pintu Tol Bekasi Barat

Polisi bersikap tegas menyekat arus massa Reuni 212 yang ingin ke Monas. Mereka diputar balik untuk pulang ke rumah dengan alasan apa pun.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Dok: Satlantas Polres Metro Bekasi Kota
Polisi sedang menghentikan satu buah bus rombongan reuni 212 yang akan menuju Jakarta di Tol Bekasi Barat. Kamis (2/12/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Satu Bus rombongan reuni 212 yang akan melakukan aksi di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat pada Kamis (2/12) diminta putar balik oleh petugas gabungan di Pintu Tol Bekasi Barat.

Bus rombongan reuni 212 itu diberhentikan petugas yang tengah melakukan penjagaan antisipasi gelombang masa yang akan melakukan reuni 212 ke Jakarta. 

Baca juga: Gaet Yankjay Sebagai Komposer Lagu, Mirmo Narra Percaya Diri Nyanyikan Kau Hadir

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Agung Pitoyo membenarkan adanya satu buah bus yang diminta kembali. Agung mengaku tak ada penolakan dari rombongan setelah petugas memberikan himbauan kepada peserta aksi.

"Satu rombongan bis yang kita temukan di pos Penyekatan yang berada di Tol Barat, mereka rombongan yang ingin melakukan Reuni Alumni 212 di Jakarta," kata Agung, Kamis (2/12/2021).

Setelah berikan himbauan dan pengarahan dari petugas, rombongan yang ditemukan di pos Penyekatan itu langsung di putar balikkan kembali ke asalnya. Para rombongan itu pun, langsung kembali ke asalnya, setelah diberhentikan petugas.

Baca juga: Penyekatan Massa Reuni 212 di Jakarta Timur Sasar Kawasan Pasar Rebo dan Lampiri

"Bus tadi ada penumpangnya, bisa dikatakan mereka ingin mengikuti Reuni 212 di Jakarta," katanya.

9 titik Penyekatan 

Polres Metro Bekasi Kota melakukan penyekatan antisipasi pergerakan massa aksi reuni 212, ada sembilan titik yang dilakukan penyekatan melibatkan beberapa petugas dari unsur Kodim 05/07 Bekasi, serta Satpol-PP Kota Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Aloysius Suprijadi mengatakan jika penyekatan dilakukan sekaligus memberikan himbauan kepada massa aksi untuk tak mengikuti kegiatan Reuni 212 yang rencananya akan digelar pada hari ini.

"Ada 9 titik. Yakni di Tol Bekasi Barat, Timur, JATIASIH, Jatibening, Harapan Indah, Sumber Artha, Tomyang dan juga Sasak jarang," kata Aloysius Suprijadi dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021)

Baca juga: Polda Metro Sarankan Aksi Reuni 212 Diubah Jadi Daring Seperti Siswa Sekolah

Selain di 9 titik penyekatan, pihaknya juga melakukan penjagaan di Islamic Center, yang merupakan titik keberangkatan jama'ah massa Reuni 212. Pengerahan personil pun juga dilakukan sejak malam tadi.

"Titik keberangkatan Dari pada masa aksi yakni di Islamic Center, yang merupakan titik kumpul massa, namun sampai saat ini tidak ada masa aksi. Artinya masyarakat Kota Bekasi Tidak ada yang berangkat," ujarnya.

Aloy mengatakan, sampai dengan saat ini pihaknya belum mendapatkan massa aksi Reuni 212 yang akan melakukan perjalanan ke wilayah DKI Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat yang melakukan aksi untuk menahan diri karena masih dalam status pandemi Covid-19.

Baca juga: Mulyati Warga Kamal Muara Sambut Baik Adanya Air Perpipaan SPAM Hutan Kota dari PAM Jaya

"Sampai pagi hari ini kita belum ditemukan massa aksi yang berangkat ke wilayah Jakarta," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved