Breaking News:

Berita Jakarta

Santoso Tegaskan Instruksi AHY: Musda Demokrat V DKI Hanya Memilih Calon Ketua DPD, Bukan Kompetisi

Santoso Tegaskan Instruksi AHY: Musda Demokrat V DKI Hanya Memilih Calon Ketua DPD, Bukan Kompetisi. Berikut Selengkapnya

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Santoso (tengah) periode 2016-2021 usai Musyawarah Daerah (Musda) V untuk menjaring calon Ketua DPD periode 2021-2026 di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (1/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPAYUNG - Partai Demokrat DKI Jakarta telah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V untuk menjaring calon Ketua DPD periode 2021-2026 di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (1/12/2021).

Terdapat tiga calon Ketua DPD yang diajukan panitia Musda V kepada DPP Partai Demokrat untuk dipilih, yaitu Santoso, Mujiyono dan Nur Afni Sajim.

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Santoso periode 2016-2021 mengatakan, Musda V digelar sebagai ajang konsolidasi, harmonisasi dan rekonsiliasi.

Karena itu, dia menganggap kegiatan ini bukan sebagai ajang kompetisi untuk pemilihan calon Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta yang baru.

“Berdasarkan AD/ART (anggaran dasar dan anggaran rumah tangga) Partai Demokrat hasil kongres 2020, di mana AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) terpilih sebagai Ketua Umum Demokrat, menetapkan Musda hanya memilih calon Ketua DPD, bukan kompetisi,” kata Santoso pada Rabu (1/12/2021).

Santoso mengungkapkan, ketiga nama calon kandidat, termasuk namanya sendiri akan diajukan kepada DPP untuk dilaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper tes).

Nantinya kemampuan para kandidat akan diuji oleh Ketum, Sekjen dan Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK).

“Berdasarkan verifikasi yang sudah mendaftar ada tiga orang, tapi apakah nanti lolos atau tidak kan belum tahu. Itu saya sendiri, rekan kami Mujiyono dan Nur Afni Sajim,” ujarnya.

Baca juga: Musda V Demokrat DKI Jakarta Diwarnai Aksi Saling Klaim Dukungan dari DPC

Baca juga: Legislator Nur Afni, Kader Perempuan yang Berani Calonkan Diri sebagai Ketua DPD Demokrat DKI

Secara umum persyaratan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua DPD adalah kader asli Demokrat, telah berkontribusi untuk membesarkan nama partai dan dukung oleh para pemilik suara.

Dalam Musda V kali ini, pihaknya memaparkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus yang lama, penyampaian calon Ketua DPD, program kerja dan rekomendasi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved