Sebanyak 2000 Anak SD Sikat Gigi Bareng Menuju Jakarta Selatan Bebas Karies Gigi pada 2030

Sebanyak 2000 Dokter Kecil dan Siswa Siswi SD Sikat Gigi Bareng Menuju Jakarta Selatan Bebas Karies Gigi pada 2030

istimewa
Sebanyak 2000 anak Sekolah Dasar di Jakarta Selatan mengadakan sikat gigi bersama secara virtual, Jumat (26/11/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Membersihkan gigi harus dibiasakan sejak dini. Hal ini agar gangguan gigi bisa dicegah. Salah satu gangguan pada gigi adalah karies gigi.

Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur atau lapisan gigi yang terjadi secara bertahap lalu berujung lubang. 

Salah satu membiasakan anak-anak untuk menyikat gigi dengan bersama-sama  menyikat gigi.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 kembali digelar atas kerjasama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi FKG Indonesia (AFDOKGI), Kementerian Kesehatan RI, Asosiasi RSGM Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) dengan tema “Gigi Kuat, Hidup Sehat untuk #Keindonesiaan".

Baca juga: Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini dengan Cara Kurangi Faktor Risikonya, Salah Satunya Gorengan

Baca juga: Gigi dan Mulut tak Terawat Bukan Hanya Bikin Sakit Gigi, Risiko Penyakit Jantung 3 Kali Lebih Tinggi

Konsep yang diusung oleh PDGI Cabang Selatan adalah bukan sekedar webinar, bukan sekedar edukasi dan penyuluhan, tapi Sikat Gigi Bersama yang akan dilakukan oleh 2.000 dokter gigi kecil, dokter kecil dan siswa-siswi SD yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Kegiatan ini  dilakukan dari rumah masing-masing dan dipimpin oleh 15 orang perwakilan dokter gigi kecil yang hadir di PSW Hotel Antasari pada hari Jum’at, 26 November 2021.

Sebanyak 2.000 siswa siswi SD di Jakarta Selatan mengadakan sikat gigi bersama secara virtual, Jumat (26/11/2021)
Sebanyak 2.000 siswa siswi SD di Jakarta Selatan mengadakan sikat gigi bersama secara virtual, Jumat (26/11/2021) (istimewa)

Selain sikat gigi bersama,  peserta webinar mendapatkan paket berupa sikat gigi, pasta gigi dan sertifikat dari PDGI Cabang Jakarta Selatan.

Sejalan dengan visi dan misi serta program kerja Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui program dokter gigi kecil dan dokter kecil yang telah dibina dan dilantik oleh Walikota Jakarta Selatan. 

Baca juga: Obati Sakit Kepala dan Sakit Gigi Tanpa Rasa Kantuk

PDGI Jaksel ingin turut serta dalam program tersebut karena memiliki anggota dokter gigi terbanyak se-PDGI Cabang di Indonesia yaitu sebanyak 2.534 orang dokter gigi dan dokter gigi spesialis.

Acara dibuka secara virtual oleh Walikota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, S.Sos., M.Si.

Menurut Walikota, kegiatan tersebut merupakan ide yang baik. 

“ide yang sangat baik yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh PDGI Cabang Jakarta Selatan dengan mengumpulkan sekitar 2.000 anak-anak sekolah dasar untuk dapat mengikuti kegiatan ini yang dilakukan dari rumahnya masing-masing. Hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya," ujarnya, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Kelelahan hingga Rambut Rontok Tak Kunjung Hilang Setelah Sembuh dari Covid-19, Cara Mengatasinya

 Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan dr. Mohammad Helmi, mengatakan, target “Jakarta Selatan Bebas Karies 2030” akan tercapai bila kegiatan seperti banyak dilaksanakan.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Ketua Umum Pengurus Besar PDGI, Dr. drg. RM. Sri Hananto Seno, Sp. BM(K), MM, anggota Pengurus Besar PDGI, Dr. drg. Paulus Januar, MS.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dari Sudinkes Kota Administrasi Jakarta Selatan, Suku Dinas Pendidikan Wilayah I dan II Kota Administrasi Jakarta Selatan dan dukungan dari PB PDGI dan PT. Unilever Indonesia Tbk. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved