Breaking News:

Berita Depok

Selama PPKM Level 2, Universitas Indonesia Persilakan Warga untuk Berolahraga, Asal Tidak Berkerumun

Selama PPKM Level 2, UI Persilakan Warga untuk Berolahraga: Asal Tidak Ngumpul di Satu Titik. Berikut Alasannya

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Gedung Rektorat UI, Depok 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Direktorat Operasi dan Pemeliharaan Fasilitas (DOPF) UI, Gandjar Kiswanto mempersilakan warga untuk melakukan olahraga di area UI dengan Pemantauan Ketat Terbatas. 

Lebih lanjut, karena status PPKM di wilayah Depok masih ada di level 2, Gandjar menyebut ada sejumlah aturan yang diterapkan untuk para warga yang melakukan olahraga di area UI.

"Secara keseluruhan 200 orang maksimum. Tapi itu harus tersebar, jadi tidak bisa di satu tempat," kata Gandjar pada Rabu (24/11/2021).

Gandjar mengaku pihak UI tidak menutup akses bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Ia menilai, UI merupakan tempat publik yang juga berhak dikunjungi oleh masyarakat di luar warga kampus. Terutama pada hari-hari akhir pekan. 

"Kami memang membuka akses bagi masyarakat, namun kami pantau, kalau memang tidak menimbulkan kerumunan yang mengkhawatirkan penyebaran Covid-19 kami persilakan," sambungnya. 

Baca juga: Gandeng Microsoft Indonesia, Universitas Indonesia Kembangkan Digitalisasi Pendidikan dan Penelitian

Baca juga: Lantik Puluhan Pejabat, Wali Kota Depok : Tidak Perlu Loyal ke Pimpinan yang Tidak Sesuai Sistem

Masih menurut Gandjar, apabila jumlah warga yang datang ke area UI melebihi ketentuan dan terjadi penumpukan warga di satu titik, jajaran keamanan UI akan memberi peringatan sampai upaya penutupan akses kepada warga. 

"Apabila sudah melebihi ketentuan ya akhirnya langsung kami minta masyarakat untuk keluar secara baik-baik, kemudian kami tutup pintu. Kami juga tidak memiliki kemampuan untuk melakukan screening satu per satu orang yang masuk UI, terus kami tanya 'kamu mau ngapain?' itu tidak mungkin," papar Gandjar. 

Sebelumnya, saat PPKM di wilayah Depok masih berada di level 3 dan 4, pihak UI sempat menutup akses masuk kepada masyarakat dan warga kampus yang tidak memiliki kepentingan akademik. 

"Sebenarnya akses masuk UI sampai sekarang masih kami tutup, tapi kan ada beberapa pintu yang harus dibuka, dan kita nggak mungkin untuk setiap waktu meminta mereka keluar. Jadi kami lakukan pemantauan ketat terbatas," jelas Gandjar. (m29)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved