Berita Depok

Gandeng Microsoft Indonesia, Universitas Indonesia Kembangkan Digitalisasi Pendidikan dan Penelitian

Gandeng Microsoft Indonesia, Universitas Indonesia Kembangkan Digitalisasi Pendidikan dan Penelitian. Berikut Selengkapnya

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Prosesi penandatanganan kerja sama antara Universitas Indonesia (UI) dan Microsoft Indonesia untuk Kembangkan Digitalisasi Pendidikan dan Penelitian di UI.  

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) dan Microsoft Indonesia baru saja melakukan penandatanganan kerja sama yang bertujuan mendukung terciptanya talenta digital Indonesia yang berdaya saing tinggi, terbentuknya pengalaman belajar mengajar yang modern, dan semakin terlibatnya institusi pendidikan dalam kemajuan kegiatan industri.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro, mengatakan dengan dukungan dari Microsoft Indonesia, UI berharap dapat mewujudkan pengembangan digitalisasi proses pendidikan dan penelitian di UI, sekaligus bersinergi dengan mitra-mitra UI lainnya.

"Hal ini sejalan dengan program UI SMART yaitu, UI Sehat Mandiri Aktual Riset Teknologi yang merupakan bagian dari UI Inisiatif dalam rangka mempersiapkan SDM unggul menjelang Indonesia emas 2045," ujar Ari Kuncoro pada Jumat (19/11/2021).

Ari menambahkan, dalam kerja sama ini, kedua institusi ini akan berfokus pada tujuh area utama, yakni:

Pertama, mengeksplorasi teknologi Microsoft yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan dosen.

Kedua, memperkaya kurikulum Universitas Indonesia dengan memanfaatkan beragam materi pembelajaran terbaik yang dimiliki Microsoft.

"Ketiga, mengembangkan kompetensi dan materi pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan kebutuhan nyata di dunia kerja, khususnya terkait inisiatif Merdeka Belajar – Kampus Merdeka," ujar Ari Kuncoro.

Keempat, mengembangkan literasi digital para staf pengajar, peneliti, dan mahasiswa, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah hasil penelitian dan pendidikan yang dilakukan oleh Universitas Indonesia.

Baca juga: Kontribusi Universitas Indonesia bersama Mitra, Bantu Pulihkan Indonesia

Baca juga: Universitas Indonesia Jadi Nomor 1 di Indonesia, Ini Pesan Rektor UI Prof. Ari Kuncoro

Kelima, mengembangkan triple helix model yang melibatkan Universitas Indonesia, lembaga kementerian atau regulator yang relevan, serta pelaku sektor industri.

Keenam, melakukan peningkatan atas kualitas pengalaman belajar pada platform Center Independence Learning (CIL) dengan menerapkan teknologi Microsoft yang relevan.

Ketujuh, meningkatkan nilai tambah Universitas Indonesia melalui penyediaan program layanan sertifikasi internasional untuk teknologi Microsoft yang dapat memberikan manfaat nyata bagi Universitas Indonesia maupun masyarakat luas.

Sementara, Direktur Partnership Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti mengatakan, pendidikan merupakan salah satu fondasi utama yang dapat mendorong kemajuan serta ketangguhan suatu bangsa.

"Dengan masuknya kita pada era hybrid yang memerlukan berbagai adaptasi baru dalam proses belajar mengajar, dan dengan kompetensi digital menjadi salah satu skill dasar dalam bekerja. Kami percaya kolaborasi untuk memodernisasi pendidikan Indonesia menjadi semakin penting," sebut Linda.

"Melalui kemitraan dengan Universitas Indonesia, kedua organisasi berharap dapat menciptakan semakin banyak dampak positif pada tenaga pendidik, mahasiswa, peneliti, dan staf ahli lain yang ada di Universitas Indonesia," ujar Linda. (dip)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved