Breaking News:

Berita Video

VIDEO : Ada 237 Rumah di Kelurahan Rambutan Buang Tinja ke Kali

Rumah-rumah di Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur belum dilengkapi dengan tangki septik. 

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu | Editor: Alex Suban
Warkotalive.com/Muhamad Fajar Ryandanu
Sejumlah rumah di bantaran Kali Cipinang di RT 14/RW6, Rambutan, Ciracas belum memiliki tangki septik. Tampak sejumlah pipa dari rumah warga yang langsung diarahkan ke Kali. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIRACAS - Sekretaris Lurah Rambutan, Suhartono, mengatakan sebanyak 237 rumah di Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur belum dilengkapi dengan tangki septik. 

Akibatnya, ujar Suhartono, sejumlah rumah tersebut membuang limbah domestik dan tinja ke aliran Sungai Cipinang dan Sungai dan Sungai Sura. 

Simak Video Berikut :

"Di Kelurahan Rambutan itu ada 237 rumah yang belum ada septik tank. Itu pencemaran, orang gak sadar ya kalau itu salah," kata Suhartono saat ditemui di Kantor Kelurahan Rambutan pada Rabu (17/11/2021), siang. 

Adapun 237 rumah yang belum memiliki tangki septik itu tersebar di 6 RW, yakni RW 1, RW 2, RW 3, RW 4, RW 5, dan RW 6. 

Baca juga: Waduh, 554 KK di Kecamatan Ciracas Tak Miliki Septik Tank, Warga Buang Tinja Langsung ke Kali

Baca juga: Ratusan Rumah Warga Tak Miliki Septik Tank, Kali Cipinang dan Kali Sura Tercemar Tinja

"RW 1 ada 44 rumah, RW 2 ada 27 orang, RW 3 ada 14, RW 4 ada 51, RW 5 ada 47, dan RW 6 ada 54 rumah," sambung Suhartono. 

Masih menurut Suhartono, mayoritas rumah yang belum memiliki tangki septik adalah warga yang tergolong mampu dalam aspek ekonomi. Rencananya, pihak Kelurahan Rambutan akan mendatangi rumah-rumah yang berada di bantaran Kali Cipinang dan Kali Sura. 

Lebih lanjut, sebagian besar rumah yang belum memiliki tangki saptik adalah rumah sewa atau kontrakan. "Kita akan mengumpulkan orang-orang yang punya kontrakan untuk sosialisasi. Mungkin kita akan mulai dari RW 1, karena di situ banyak. Kita sudah ada pertemuan tapi progres ya belum banyak," ujar Suhartono.

Baca juga: 2.000 Rumah di Kecamatan Johar Baru Belum Miliki Tangki Septik

Baca juga: Ribuan Rumah di Kecamatan Johar Baru Dibangun Berhimpitan dan Belum Dilengkapi Tangki Septik 

Sementara itu, menurut Kapala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan Rambutan, Sarino, menyebut  pihaknya akan terus mengimbau kepada para pemilik kontrakan untuk membangun tangki septik di dalam rumahnya. Hal ini ia maksud untuk mengurangi pencemaran air di aliran Kali Cipinang maupun Kali Sura. 

"Kita himbau orang-orang yang punya kontrakan, karena ada yang punya 5 pintu 6 pintu gak bikin tangki septik karena di belakangnya sudah ada kali," ujar Sarino saat ditemui di Kantor Kelurahan Rambutan pada Rabu (17/11/2021), siang. 

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved