Berita Nasional

Sempurnakan Potensi Wisata, Sandiaga Uno Hadiahkan Sepasang Kerbau kepada Warga Desa Huta Tinggi

Sempurnakan Potensi dan Daya Tarik Wisata, Sandiaga Uno Hadiahkan Sepasang Kerbau kepada Warga Desa Huta Tinggi

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Huta Tinggi, Pangunguran, Samosir, Sumatera Utara pada Selasa (9/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SAMOSIR - Sempurnakan daya tarik wisata sekaligus pengembangan produk ekonomi kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menghadiahkan sepasang kerbau kepada warga Desa Wisata Huta Tinggi, Pangunguran, Samosir, Sumatera Utara pada Selasa (9/11/2021).

Penyerahan kerbau dilakukan karena desa yang identik dengan kerbau serta rumah adat beratap runcing mirip tanduk itu justru belum memiliki seekor pun kerbau.

Selain itu, penyerahan kerbau untuk menjawab permintaan dari seorang pelaku UMKM bernama Teti Naibaho serta Kepala Desa Huta Tinggi, Silalahi yang minta agar diberikan bantuan berupa seekor kerbau betina. 

Kerbau itu akan menjadi sarana pariwisata edukasi, mulai dari cara memerah susu hingga mengolahnya menjadi beragam produk, mulai dari susu ataupun diolah menjadi yoghurt dan keju yang dikenal bernama Batak Cheese. 

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut DSP Danau Toba Mampu Menggerakkan Sektor Ekonomi Kreatif di Sumatera Utara

Baca juga: Dapat Bantuan Rp50 Juta-Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Dorong UMKM Ikut Bangga Buatan Indonesia

"Tapi kalau saya bilang seekor itu dia sendiri kasihan, karena kalau ada Dewi harus ada Dewa, kalau ada Riska harus ada Rizki, dan kalau ada Sandi harus ada Nur," ungkap Sandiaga Uno usai menetapkan Desa Huta Tinggi sebagai 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

"Nah oleh karena itu, karena permintaannya satu kita tambah satu lagi, selain kerbau betina, kita berikan yang jantan juga," ujarnya bersemangat.

Tidak beberapa lama, sepasang kerbau dewasa dihadirkan. 

Sandiaga Uno pun meminta saran kepada Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom terkait nama yang pantas untuk kedua kerbau. 

"Ini dia kerbau kita, kita namakan kerbaunya apa ya?," tanya Sandiaga Uno kepada Vandiko.

"Beauty dan yang satu lagi Prince," balas Vandiko.

"Nah, ini dia Beauty dan Prince," ujar Sandiaga Uno bersemangat. 

Baca juga: Terpukau Aneka Produk UMKM Rumah Kreatif Gorontalo, Sandiaga Uno: Kebangkitan Ekonomi Sudah Dimulai

Baca juga: Jumpa Hiu Paus di Teluk Tomini, Sandiaga Uno: Jaga Kearifan Lokal, Hadirkan Pariwisata Berkelanjutan

Dalam kesempatan tersebut, alasan Kemenparekraf segera mengabulkan permintaan Ibu Teti karena Desa Huta Tinggi yang identik dengan kerbau itu diketahui belum memiliki kerbau.

Lewat kehadiran sepasang kerbau dapat bermanfaat bagi masyarakat, menggerakkan roda perekonomian, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

"Semula permintaannya satu (kerbau), tapi saya melihat kasihan kalau dia sendiri, akhirnya kita hadirkan sepasang, satu jantan-satu betina supaya bisa berkembang biak," ungkap Sandiaga Uno

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved