Breaking News:

Lifestyle

Makna Warna Pink dan Bulan Oktober bagi Pejuang dan Penyintas Kanker Payudara

Kanker payudara di dunia merupakan jenis kanker kedua setelah kanker paru dengan jumlah kasus baru sebesar 2.089 juta kasus.

Penulis: | Editor: Lilis Setyaningsih
istimewa/Lovepink
kegiatan Livepink untuk terus mengampanyekan Sadari dan Sadarnis 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Bagi komunitas pejuang dan penyintas kanker payudara,  warna pink dan bulan Oktober memiliki arti besar.

Sejak tahun 1992 bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan kesadaran kanker payudara.

Kanker payudara di dunia merupakan jenis kanker kedua setelah kanker paru dengan jumlah kasus baru sebesar 2.089 juta kasus dan kasus kematian nomor lima tertinggi, sebesar 627.000.

"Namun kemudian, bulan Oktober bukan berarti dimaknai dengan kesedihan melainkan sebagai sebuah momentum selebrasi bagi para pejuang dan penyintas kanker payudara akan semangat mereka untuk bertahan dan tetap bersemangat menghadapi masa pengobatan dan pemulihan," papar Samantha Barbara, Chairwoman Lovepink, Kamis (28/10/2021).

"Oktober  menjadi masa yang dimanfaatkan banyak komunitas kanker payudara untuk berbicara kepada masyarakat luas mengenai pentingnya memahami kanker payudara dan cara mendeteksinya secara dini," imbuhnya.

Baca juga: Biopsi Bukan Penyebab Terjadinya Kanker Payudara, ini Penjelasan Ahli Mengapa ada Anggapan itu

Baca juga: Edukasi Deteksi Kanker Payudara di Kemasan Charm Kerjasama dengan YKPI, Ingatkan untuk Sadari

Lovepink, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dan pendampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara, menjadi salah satu wadah komunitas pejuang dan penyintas kanker payudara.

Sejak tahun 2011, Lovepink mengampanyekan deteksi dini kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan mandiri setiap bulan, pemeriksaan klinis secara reguler, dan mammogram, sebagai cara yang sangat ampuh untuk mengetahui dan mengobati kanker sejak stadium awal. 

Tiap tahunnya di bulan Oktober, Lovepink menyelenggarakan Indonesia Goes Pink (IGP), sebuah rangkaian kegiatan yang digunakan untuk mengajak masyarakat luas untuk lebih mawas diri terhadap kanker payudara. 

Pada Oktober 2021 ini, IGP kembali hadir secara virtual dengan berbagai kegiatan, yaitu Pink Virtual Fun Walk, Run & Ride (3 Oktober), Pink Webinar Series dengan menghadirkan narasumber dokter dan praktisi ahli (15-16 Oktober), dan sebagai acara puncak adalah gathering pejuang dan penyintas kanker payudara Pink Virtual Celebration (31 Oktober).

Kegiatan Lovepink di bulan Oktober
Kegiatan Lovepink di bulan Oktober (istimewa/Lovepink)

Seluruh rangkaian kegiatan IGP 2021 mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk PT Astra Agro Lestari Tbk. 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved