Breaking News:

Pengerjaan Waduk di Sekitar TPU Rorotan Terkendala Lahan yang Basah

Selain itu pengerjaan di lapangan juga terkendala lahan yang basah karena terguyur hujan sehingga proses pengerukannya berjalan tidak maksimal.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Foto pengerjaan waduk di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara untuk mencegah adanya genangan di area pemakaman baru mencapai 20 persen. Ini artinya ancaman banjir di pemakaman masih akan terjadi di musim hujan kali ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara masih melakukan pembangunan waduk di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Pembangunan waduk ini bertujuan mencegah terjadinya genangan di area pemakaman.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan, mengatakan pembangunan waduk pada sisi timur dan barat tersebut baru 20 persen.

"Persentasenya masih kecil sekitar 20 persen karena proses pengerjaannya baru dimulai pada bulan Agustus dan masih berjalan hingga saat ini," ungkap Tjahyono, Jumat (22/10/2021).

Selain itu pengerjaan di lapangan juga terkendala lahan yang basah karena terguyur hujan sehingga proses pengerukannya berjalan tidak maksimal.

“Jika lahannya kering akan memudahkan tahapan pengerukan," sambung Tjahyono.

Proyek pengerjaan waduk dilakukan di dua lokasi yakni pada sisi timur dan sisi barat. Lahan yang digunakan untuk sisi timur ada sekitar dua hektare sedangkan pada sisi barat hanya satu hektare.

“Nantinya, waduk itu berbentuk seperti cincin dan pembatas antara kedua waduk tersebut adalah jalan menuju area makam," ungkap Tjahyono.

Ia berharap pengerjaan waduk di TPU Rorotan dapat terus berjalan tahun 2022. Apalagi saat ini, masih dilakukan pembuatan tanggul di sekitar waduk di TPU Rorotan.

Baca juga: Pemkot Jaktim Gerebek Lumpur Waduk Munjul Seluas 5 Hektare

"Nanti akan dilanjutkan dengan pembuatan batas dan pembentukan waduk yang seperti cincin," tutur Tjahyono.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved