PPKM

Mulai Hari Ini KAI Kembali Izinkan Anak Usia di Bawah 12 Tahun Naik Kereta Api, Ini Persyaratannya

Mulai Jumat (22/10/2021) PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali memperbolehkan anak-anak usia di bawah 12 tahun naik kereta api.

Twitter @KAI121
PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali memperbolehkan anak-anak usia di bawah 12 tahun naik kereta api mulai Jumat, 22 Oktober 2021. Foto dok: PT KA meluncurkan KA Airlangga rute Pasar Senen (Jakarta) - Pasar Turi (Surabaya) PP. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sejumlah moda transportasi mulai menyesuaikan situasi dan kondisi terkait tren membaiknya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Bus Transjakarta di DKI misalnya, mulai melonggarkan jumlah penumpangnya setelah PPKM di Jakarta turun level dari level 3 ke level 2.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai memberlakukan kapasitas angkut pelanggan sebesar 100 persen.

Sebelumnya, sebagai upaya menekan angka penyebaran corona virus disease (Covid-19), Transjakarta membatasi keterangkutan pelanggan maksimal sebesar 50 persen dari jumlah kapasitas total.

Tak hanya bus Transjakarta, angkutan udara juga mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun melakukan perjalanan dengan moda tranportasi udara atau pesawat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, syarat yang harus dipenuhi penumpang berusia di bawah 12 tahun tersebut adalah tes RT-PCR.

Baca juga: JADWAL Samsat Keliling Wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi Jumat 22 Oktober 2021

Baca juga: JADWAL Layanan SIM Keliling Jakarta Jumat 22 Oktober 2021 Beroperasi di Lima Lokasi

Jadi, untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun sudah bisa naik pesawat dan harus melakukan tes PCR sesuai dengan daerah persyaratan di daerahnya masing-masing.

"Jadi, mereka sudah bisa naik pesawaf asal dengan penuh kehati-hatian dan dalam keadaan sehat," ujar Wiku dalam konferensi pers BNPB yang disiarkan virtual, Kamis (21/10/2021).

Demikian pula dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), kembali memperbolehkan anak-anak usia di bawah 12 tahun naik kereta api mulai Jumat, 22 Oktober 2021.

Sebelumnya, selama PPKM level 3 PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak memperbolehkan anak-anak usia di bawah 12 tahun naik kereta api.

Baca juga: Bidik Keluarga Muda Milenial, Paramount Petals Hadirkan Klaster Kedua ‘Canna’

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 20 Oktober 2021.

“Meski kembali diperbolehkan, anak di bawah 12 tahun tetap harus memenuhi persyaratan seperti hasil negatif pemeriksaan Covid-19 bagi pelanggan KA jarak jauh, memakai masker dengan sempurna, dalam kondisi sehat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Ini Aturan Naik Kereta Api Saat PPKM Diperpanjang Hingga 30 Agustus

Baca juga: Penumpang Kereta Api Jarak Jauh yang Tak Penuhi Syarat Perjalanan Bisa Refund Tiket 100 Persen

Joni mengatakan, anak usia di bawah 12 tahun yang akan naik kereta api tersebut juga wajib didampingi oleh orang tua/keluarga yang dibuktikan dengan kartu keluarga.

Berikut ini persyaratan lengkap perjalanan menggunakan kereta api:

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved