Breaking News:

Lifestyle

Ingin Anak dengan Postur Tinggi, Nutrisi dan faktor Lingkungan Lebih Berpengaruh  Ketimbang Genetik

Jangan berkecil hati bila ingin punya anak tinggi tapi orangtua tidak tinggi,  nutrisi dan faktor lingkungan lebih berpengaruh  ketimbang genetik

The Independent
Ilustrasi anak-anak aktif di ruang kelas 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jangan berkecil hati bila ingin punya anak tinggi tapi orangtua tidak tinggi,  nutrisi dan faktor lingkungan lebih berpengaruh  ketimbang genetik

Pada masa kanak-kanak pertumbuhan terjadi secara sangat cepat, dan merupakan masa di mana asupan nutrisi yang tepat menjadi begitu penting. 

Undernutrition atau kekurangan nutrisi adalah masalah umum secara global yang dapat memberi dampak kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

Termasuk di Indonesia di mana 1 dari setiap 4 anak mengalami stunting akibat kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi meliputi berbagai permasalahan dalam pertumbuhan anak seperti: berat badan kurang atau underweight; tengkes atau stunting; wasting atau berat badan rendah jika dibandingkan dengan tinggi badan; serta defisiensi mikronutrisi.

Baca juga: Buku KIA Bisa Bungkam Mulut Nyinyir Soal Tumbuh kembang Anak

Baca juga: Pendidikan Anak Terbaik Berasal dari Keluarga, Mien Uno: Peran Orangtua Tentukan Tumbuh Kembang Anak

Jika tidak segera ditangani pada usia dini, kondisi ini dapat membawa konsekuensi yang tidak dapat diperbaiki. 

Oleh sebab itu, intervensi pada rentang usia dini harus segera dilakukan untuk mencegah pertumbuhan yang terhambat, daya tahan tubuh yang rendah, dan perkembangan kognitif yang tidak optimal di masa depan.

 Dokter Anak Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolis RSUP Fatmawati, Dr. dr. Lanny C. Gultom, Sp.A(K) mengatakan kekurangan nutrisi dapat terjadi di semua anak, bagaimanapun kondisi sosioekonomi dan geografi mereka. 

Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk sadar akan status pertumbuhan dan nutrisi anak mereka.

Situasi pandemi saat ini juga telah membuat pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pengukuran tinggi dan berat badan secara berkala di fasilitas kesehatan lebih terbatas bagi para orangtua. 

Dr. Jose Rodolfo Dimaano Jr., Medical Director for Abbott’s Nutrition Business in Pacific Asia, Dr. dr. Lanny C. Gultom, Sp.A(K) Dokter Anak Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolis RSUP Fatmawati, dan Sherina Munaf (PediaSure Brand Ambassador) dalam webinar peluncuran Pediasure dengan formula baru
Dr. Jose Rodolfo Dimaano Jr., Medical Director for Abbott’s Nutrition Business in Pacific Asia, Dr. dr. Lanny C. Gultom, Sp.A(K) Dokter Anak Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolis RSUP Fatmawati, dan Sherina Munaf (PediaSure Brand Ambassador) dalam webinar peluncuran Pediasure dengan formula baru (istimewa)
Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved