Breaking News:

Edukasi Kesehatan

Gangguan Seksual Bisa Jadi Tanda adanya Penyakit Kronis

Munculnya gangguan seksual tidak sekedar berkaitan  dengan kenikmatan seks pada diri sendiri dan pasangan. Namun juga bisa tanda adanya penyakit lain

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Munculnya gangguan seksual tidak sekedar berkaitan  dengan kenikmatan seks pada diri sendiri dan pasangan. Namun juga bisa jadi tanda adanya penyakit kronis lain.

 Jadi bila  gairah seksual menurun, cepat lelah, gangguan ereksi, dan ejakulasi dini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Bahkan sebelum muncul gejala tersebut baru ‘hanya’ sering cepat lelah padahal cukup tidur dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, harus sudah berhati-hati.

Gangguan seksual sangat berhubungan dengan penuaan dan sindrom metabolik yang menimbulkan penyakit tidak menular (PTM) kronis.

Baca juga: Hati-hati Pria dengan Perut yang Buncit, Tanda Hormon Testosteron Turun. Gairah seks Ikut turun

Baca juga: Turunnya Hormon Testosteron Pada Pria Bikin Melorot Gairah Seks, tapi Ada Hal lain, Apa Saja?

Sindrom metabolik merupakan sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit,  mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan lemak tubuh terutama di sekitar perut, serta kolesterol tinggi.

Seperti diketahui peningkatan gula darah, tekanan darah tinggi, kolesterol adalah ‘ibu’ dari segala penyakit. Penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, diantara penyakit yang bersumber dari meningkatnya gula darah, tekanan darah, serta kolesterol.

Penyakit tersebut, seringkali tidak disadari, tahu-tahu berakibat fatal. Seperti serangan jantung dan stroke. Padahal tubuh sebenarnya sudah memberikan sinyal, namun tidak disadari oleh empunya tubuh.

Medical Sexologist dr. Binsar Martin Sinaga menjelaskan,  munculnya gangguan metabolik akan terlihat dengan adanya gangguan pembuluh darah. Termasuk pembuluh darah ke penis.

Gangguan ini akan menyebabkan terjadinya gangguan seksual seperti melemahnya ereksi, turunya gairah seks.

Ilustrasi pria mengalami obesitas. Obesitas menyimpan penyakit kronis yang bisa mematikan seperti jantung dan diabetes.
Ilustrasi pria mengalami obesitas. Obesitas menyimpan penyakit kronis yang bisa mematikan seperti jantung dan diabetes. (Food NDTV)

Gangguan pembuluh darah di organ tubuh lain mungkin tidak bisa langsung dirasakan, namun ketika gangguan pembuluh darah di penis, barulah seorang pria merasa terganggu. Karena aktivitas seksnya juga menjadi terganggu.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved