Breaking News:

Penataan Kampung Susun Akuarium Menghadirkan Kesetaraan Bagi Warga

Mereka diberikan beberapa keistimewaan karena memiliki keterbatasan fisik dalam berkegiatan sehari-hari.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
TAHAP 1 -- Kampung Susun Akuarium, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, selesai ditata untuk Tahap 1 yang terdiri dari 2 blok 5 lantai, dengan total 107 unit hunian. Peresmian dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 17 Agustus 2021 yang lalu. Tahun 2022 akan dilanjutkan lagi dengan pembangunan Tahap 2. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Banyak cara yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghadirkan perasaan kesetaraan, keadilan, dan kebersamaan, bagi masyarakat di Ibu Kota.

Mulai dari penataan transportasi publik yang inklusif dan saling terintegrasi, pendistribusian air bersih bagi masyarakat Kepulauan Seribu, hingga penyediaan hunian yang ramah bagi para penghuni.

Untuk penyediaan hunian yang ramah, beberapa proyek dikerjakan Pemprov DKI Jakarta.

Bahkan sejumlah kampung ada yang bakal ditata lagi oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta.

Kepala DPRKP DKI Jakarta Sarjoko mengatakan, pihaknya telah menyediakan fasilitas khusus bagi masyarakat penyandang disabilitas di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, maupun di sejumlah rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

Mereka diberikan beberapa keistimewaan karena memiliki keterbatasan fisik dalam berkegiatan sehari-hari.

"Pemprov DKI sedang mengedepankan hunian yang memiliki interaksi sosial yang tinggi antarpenghuni, serta mengakomodir keanekaragaman kebutuhan penghuninya, sehingga desain satu dengan lainnya pasti berbeda dan cukup signifikan," kata Sarjoko pada Selasa (12/10).

Dijelaskan, ada beberapa pelayanan yang diberikan untuk penyandang disabilitas. Di antaranya unit kamar dan toilet umum khusus penyandang disabilitas di lantai dasar rusunawa.

Selain itu, terdapat juga akses masuk dan keluar bangunan untuk pengguna kursi roda dan parkir kendaraan khusus penyandang disabilitas.

"Kami juga membuat jalur pemandu di pedestrian kawasan rusunawa dan ramp serta space untuk pengguna kursi roda pada bangunan," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved