Kabar Bekasi

Pemkot Bekasi Ingatkan Warganya untuk Vaksin Lewat Penerapan QRcode Peduli Lindungi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi punya cara jitu agar warganya mau divaksin, yakni melalui penerapan QRcode Peduli Lindungi.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Yolanda Putri Dewanti
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menerapkan QRcode Peduli Lindungi di sejumlah instansi pelayanan agar warganya mau segera divaksin. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi mulai memasang beberapa QRcode aplikasi Peduli Lindungi yang ditempatkan dibeberapa titik termasuk kantor pemerintah hingga beberapa fasilitas umum.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan pemasangan QRcode tersebut bukanlah sebagai syarat, melainkan sebagai ajakan masyarakat untuk segera melakukan kewajibannya terkait vaksinasi.

Baca juga: Sinergitas BPJS Kesehatan Tigaraksa Guna Tingkatkan Pelayanan Peserta JKN

"Itu bukan persyaratan orang bikin ini, orang bikin itu, tapi kita minta kewajiban yang bersangkutan sebagai warga masyarakat, toh intinya adalah seruan vaksin kan," kata Rahmat Effendi, Rabu (6/10/2021).

Dikatakan Rahmat Effendi, saat ini Pemerintah Kota Bekasi pun juga telah menyiapkan sentra-sentra vaksin yang dapat diakses masyarakat secara mudah.

Bahkan kali ini ada program vaksinasi door too door, sehingga dengan aturan itu, tidak menyulitkan masyarakat, sebab fasilitas vaksinasi tersedia cukup banyak.

"Karena semakin tinggi berkat perdalam herd immunity untuk vaksin, kan kita semakin lega. Tapi kalo vaksin kita engga jalan, banyak persoalan, kita kan rasa was was dan khawatirkan," katanya.

Beberapa fasilitas umum yang mulai menerapkan QRcode Peduli Lindungi yaitu Stadion Patriot Candrabhaga.

Baca juga: Mendagri Ikuti Ratas di Istana Negara, DPR RI Menunda Rapat Penetapan Jadwal Pemilu Serentak 2024

Di mana masyarakat yang akan berolahraga pun diwajibkan melakukan scanning terlebih dahulu.

Jika tak punya ponsel, warga pun bisa menunjukkan lewat surat bukti vaksin.

Selain itu, salah satu sektor pelayanan di lingkungan Pemkot Bekasi yang menerapkan QRcode aplikasi Peduli Lindungi yaitu kantor Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (dukcapil) Kota Bekasi.

Kasubbag Umum dan Kepegawaian Disdukcapil Kota Bekasi, Romi penggunaan QRcode penduli lindungi ini untuk menjaga kesehatan dan keamanan warga yang membutuhkan pelayanan dan diperuntukkan juga untuk pegawai yang bertugas. 

"Dengan adanya aplikasi Peduli lindungi kami dapat membantu pemerintah dalam melawan pandemi ini dan membantu pemenuhan target herd immunity dengan melindungi immunitas warga yang datang," katanya.

Romi juga menjelaskan untuk warga yang datang ke Dukcapil namun belum vaksin, pihaknya juga menyediakan layanan vaksinasi sehingga bisa melakukan vaksinasi terlebih dahulu, sehingga nantinya bisa melakukan pengurusan layanan Adminduk.

Baca juga: Iklan Lowongan Pekerjaan, Dicari Seorang Baker, Rabu 6 Oktober 2021

"Kami juga mempersilahkan warga yang belum vaksin untuk vaksin terlebih dahulu di Puskesmas Karang Kitri, karena puskesmas ini merupakan puskesmas terdekat dari lokasi kami," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved