Breaking News:

Kabar Bekasi

Dani Ramdan Selamatkan Warga di Pinggir Tanggul Citarum Lewat Penghijauan

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan akan melakukan penghijauan di sekitar tanggul Citarum, antispasi musim hujan.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Muhammad Azzam
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan akan melakukan penghijauan di sekitar lokasi tanggul Citarum yang masih kokoh sebagai antisipasi banjir. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemkab Bekasi berencana melakukan penghijauan di titik-titik tanggul Citarum sebagai upaya antisipasi bencana banjir.

Rencana jangka pendek tersebut bakal dilakukan di titik tanggul yang masih kokoh.

Baca juga: Nelayan Asal Teluk Jakarta Divaksinasi di KRI Pollux 935

Penghijauan akan dilakukan dengan melakukan penanaman vegetasi tanaman guna memperkuat tanggul.

Kerjasamanya sendiri dilakukan dengan melibatkan Komandan Sektor 20 Citarum Harum.  

"Bersama Komandan Sektor 20, kami akan merintis pelaksanaan penghijauan pada daerah aliran sungai Citarum di daerah hilir khususnya untuk tanggul yang masih kuat dengan vegetasi tanaman agar dapat memperkuat tanggul," ucap Pj Buipati Bekasi, Dani Ramdan, Jumat (24/9/2021).

Selain upaya penanaman vegetasi tumbuhan di bibir tanggul, Dani juga meminta agar perangkat daerah, khususnya di Kecamatan Pebayuran, untuk meningkatkan early warning system mana kala tinggi muka air (TMA) mengalami kenaikan saat hujan.

Terdapat 26 titik kritis berkategori merah yang telah dipetakan dan diminta untuk ditingkatkan kewaspadaannya saat musim penghujan.

Baca juga: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Nilai Target Banjir Jakarta Surut 6 Jam Adalah Angka yang Bijak

"Saya minta kepada camat yang ada di 26 titik wilayah tanggul kritis untuk melaksanakan Early Warning System dengan mengamati tinggi muka air di hulu," ujarnya.

"Jadi saat air sudah meninggi di hulu, kecamatan di hilir dapat diinfokan dua atau tiga jam sebelumnya sehingga dapat dievakuasi," imbuhnya.

Terlebih lagi, banjir besar sempat menimpa warga di Kecamatan Pebayuran pada awal tahun lalu, sehingga menyebabkan kondisi tanggul semakin rusak parah.

Baca selengkapnya di TribunBekasi.com>>>>>Pemkab Bekasi Lakukan Penghijauan di Tanggul Citarum sebagai Antisipasi Jangka Pendek, 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved