Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Nelayan Asal Teluk Jakarta Divaksinasi di KRI Pollux 935

Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan. Tidak hanya dilakukan di darat tapi di laut.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
sejumlah nelayan disuntikkan vaksin di atas KRI Pollux-935 di perairan Teluk Jakarta pada saat kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK - Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan. Tidak hanya dilakukan di darat tapi di laut. Seperti yang dilakukan sejumlah nelayan mengikuti kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 dengan cara yang berbeda. Mereka disuntikkan vaksin di atas KRI Pollux-935 di perairan Teluk Jakarta. 

Awalnya mereka terlebih dulu dijemput dengan menggunakan perahu nelayan dari GOR Bahtera Jaya, Pademangan, Jakarta Utara. Setelah itu mereka berangkat ke laut. 

Setibanya di perairan Teluk Jakarta, sudah ada menunggu KRI Pollux-935. Para nelayan yang sudah tiba tersebut kemudian naik ke atas kapal perang untuk disuntik vaksin. 

Seorang nelayan, Dewa mengungkapkan dirinya sangat senang dan bangga berkesempatan naik ke atas kapal perang KRI Pollux-935. Pasalnya ini adalah kali pertama dirinya naik kapal TNI AL. 

Baca juga: Puskesmas Kelurahan Cibubur Siapkan 500 Dosis Vaksinasi Covid-19 untuk Warga, Jumat (24/9/2021) Pagi

Baca juga: Capai Target Vaksinasi Covid-19 Akhir Tahun 2021, Ade Yasin Ungkap Tiada Hari Tanpa Vaksinasi

“Senang banget, nggak pernah kayak begini (naik kapal TNI AL),” ungkap Dewa, di atas KRI Pollux-935, Jumat (24/9/2021). 

Dewa mengaku vaksinasi yang dijalani hari ini merupakan pengalaman untuk pertama kalinya. Sebelumnya ia tidak pernah sempat mendatangi sentra-sentra vaksin karena kesibukan di laut. 

“Di kampung kan juga belum ada (vaksin), udah gitu kita kan jarang-jarang bisa ke darat. Jadi baru sekarang ini bisa (disuntik vaksin),” kata pria yang mengikuti vaksin dosis pertama itu. 

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan mengatakan pihaknya akan terus melakukan upaya serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim khususnya nelayan. 

Baca juga: Targetkan Kekebalan Komunal, Partai Gerindra Gelar Vaksinasi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca juga: Masih Jauh dari Target, Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Baru Tercapai 25 Persen

Pasalnya para nelayan tersebut memiliki waktu yang terbatas untuk bisa beraktivitas di daratan. Mereka sibuk mencari ikan di tengah laut dalam kurun waktu beberapa bulan sekali berlayar.

“Jadi para nelayan yang berada di perairan Teluk Jakarta kita berikan kesempatan vaksin di atas kapal survei KRI Pollux-935,” ujar Agung di atas kapal. 

Jenderal bintang tiga itu menambahkan antusias masyarakat maritim untuk ikut vaksinasi di tengah laut dengan menggunakan KRI Pollux-935 dapat sambutan positif. 

“Saat ini (hingga siang) antusiasnya begitu tinggi sudah 50-75 orang antri di KRI Pollux-935 untuk divaksin dan kami mengimbau mereka supaya laksanakan giat sehari-hari perhatikan protokol kesehatan,” tuturnya. 

KRI Pollux-935 merupakan kapal patroli cepat (PC) 40 meter yang memiliki spesifikasi panjang 45,50 meter, lebar 7,90 meter, tinggi 4,25 meter dan draft 2,20 meter dengan bobot 220 ton.

KRI Pollux-935 memiliki kecepatan maksimum 27 knots, kecepatan jelajah 20 knots dan kecepatan ekonomis 15 knots dipersenjatai meriam 30 mm, meriam 12,7 mm dan bisa mengangkut 37 ABK.Nama Pollux berdasarkan nama bintang yang paling terang dan paling mudah dikenali dalam rasi bintang gemini yang juga merupakan salah satu dari 20 bintang paling terang di langit. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved