Pendidikan

Rangkul 3 Mahasiswa Komunitas SAD yang Menempuh Pendidikan Tinggi, Ini Pesan Menteri Nadiem Makarim

Menteri Nadiem Makarim mengapresiasi Bejujung, Besiar, dan Fauzan, dari Komunitas Suku Anak Dalam yang telah menempuh pendidikan tinggi.

Dokumentasi Pribadi
Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memeluk warga Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) disela pertemuan yang dilakukan di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Selasa (21/9/2021) malam. Diantara warga SAD yang ditemui Nadiem Makarim itu ada mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan tinggi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kegembiraan terpancar pada ketiga anak muda dari komunitas Suku Anak Dalam (SAD).

Mereka mendapat kesempatan berfoto bersama, dirangkul hangat serta berbincang langsung dengan Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Pertemuan mereka dengan Menteri Nadiem Makarim dilakukan di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Selasa (21/9/2021) malam.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim: Mari Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar

Baca juga: Peringati HAN, Nadiem Makarim Ingatkan Anak Indonesia Patuhi Prokes dan Semangat Belajar di Rumah

Di kesempatan itu Nadiem Makarim mengapresiasi Bejujung, Besiar, dan Fauzan, yang telah menempuh pendidikan tinggi.

Bejujung dan Besiar saat ini menimba pendidikan program Diploma 3 Universitas Jambi (UNJA), sedangkan Fauzan kuliah program Diploma 4 di Polbangtan, Bogor.

Tiga warga SAD ini kuliah setelah mendapat bantuan beasiswa penuh dari pihak swasta, yakni PT Sari Aditya Loka (SAL).

Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memeluk warga Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) disela pertemuan yang dilakukan di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Selasa (21/9/2021) malam. Diantara warga SAD yang ditemui Nadiem Makarim itu ada mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan tinggi.
Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memeluk warga Komunitas Suku Anak Dalam (SAD) disela pertemuan yang dilakukan di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Selasa (21/9/2021) malam. Diantara warga SAD yang ditemui Nadiem Makarim itu ada mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan tinggi. (Dokumentasi Pribadi)

"Saya bangga dan senang melihat mereka," kata Nadiem Makarim dalam siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Rabu (22/9/2021).

"Saya menyarankan anak-anak yang kuliah di UNJA yang mendapat beasiswa dari PT SAL bisa terus sampai S1," lanjut Nadiem Makarim berbincang dengan perwakilan warga SAD.

Nadiem Makarim juga berpesan ke Tumenggung Nggrip dan Njalo, dua tokoh warga SAD di Air Hitam yang anaknya diberikan beasiswa oleh PT SAL.

Baca juga: Nadiem Makarim: Anak Kita Harus Bisa Memahami Bukan Hanya Hafal, Mempertanyakan Bukan Cuma Menerima

Baca juga: Danone Indonesia dan Kemendikbudristek Jalin Sinergi untuk Memaksimalkan Akses Pendidikan Anak

"Selamat, pak," ucap Nadiem Makarim sambil mengingatkan bahwa tugas mahasiswa itu agak berat karena harus bisa bercerita dan menginspirasi generasi berikutnya.

Di kesempatan berkunjung ke wilayah Air Hitam itu, Babinsa sekaligus pendamping SAD Air Hitam, Husni Thamrin, merespons kehadiran pejabat tinggi negara ke wilayahnya.

Husni Thamrin yang menjadi pendamping bagi tiga mahasiswa tersebut menjelaskan, program pendidikan ini merupakan bagian kerja forum kemitraan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim hadir ke Jambi, Rabu (22/9/2021). Hadirnya Nadiem Makarim di Jambi memunculkan apresiasi ke program pengembangan Suku Anak Dalam (SAD) yang dikembangkan Universitas Jambi (UNJA).
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim hadir ke Jambi, Rabu (22/9/2021). Hadirnya Nadiem Makarim di Jambi memunculkan apresiasi ke program pengembangan Suku Anak Dalam (SAD) yang dikembangkan Universitas Jambi (UNJA). (istimewa)

Forum tersebut melibatkan sejumlah stakeholders, mulai pemeritah pusat, pemda, pihak swasta, LSM, akademisi, tokoh masyarakat hingga tokoh SAD.

"Kehadiran Pak Menteri tentunya akan semakin memperkuat forum kemitraan terhadap warga SAD," ujar Husni Thamrin.

Bejujung bangga bisa berinteraksi akrab dengan menteri.

Baca juga: Program Pemberdayaan SAD yang Dikembangkan Universitas Jambi Harus Dapat Diserap Berbagai Pihak

Baca juga: Dukung Kegiatan Pembelajaran Secara Online, Universitas BSI Luncurkan Platform MyBest

Rangkulan yang dilakukan menteri ke tiga warga SAD, kata Bejujung, telah memberikan motivasi untuk belajar lebih bersungguh sungguh lagi.

"Semoga pendidikan di negeri ini, khususnya di Suku Anak Dalam, semakin berkembang," ujarnya.

"Kami bangga dan senang karena pak menteri menyarankan kami supaya lanjut sampai S1," lanjut Bejujung.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved