Breaking News:

Berita Bekasi

Lacak Siapa Pembuang Limbah ke Kali Cilemahabang, Polisi Periksa Beberapa Perwakilan Perusahaan

Beberapa perwakilan perusahaan yang diduga mencemari aliran Kali Cilemahabang juga dikabarkan sudah dimintai keterangan petugas kepolisian

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghampiri warga yang sedang mandi di pinggir Kali Cilemahabang. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARANGBAHAGIA --- Kasus pembuangan limbah sisa hasil industri di aliran Kali Cilemahabang, Desa Sukakarya, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi yang menyebabkan berubahnya warna air menjadi hitam pekat, mulai diselidiki polisi.

"Sedang dalam proses penyelidikan, Insyaallah kami akan tindaklanjuti," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan saat dikonfirmasi, Rabu (8/9/2021).

Proses penyelidikan dilakukan guna menindaklanjuti permohonan pemerintah daerah yang disampaikan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai meninjau kondisi Kali Cilemahabang yang telah terkontaminasi limbah pabrik pada Senin (6/9/2021) lalu.

Beberapa perwakilan perusahaan yang diduga mencemari aliran Kali Cilemahabang juga dikabarkan sudah dimintai keterangan petugas kepolisian perihal kasus ini.

Baca juga: KABAR GEMBIRA, Pemkab Bekasi Segera Buka Sejumlah Tempat Wisata Seiring Penurunan Kasus Covid-19

Baca juga: Kabupaten Karawang PPKM Level 2, Pesta Pernikahan Hanya untuk 50 Undangan Tak Boleh Makan Ditempat

"Proses penyelidikan tentunya meminta keterangan saksi-saksi terkait, untuk teknis lebih detail silakan tanyakan ke Kasat Reskrim ya," ujarnya

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kompol Rahmat Sujatmiko mengaku belum dapat menyampaikan data penyelidikan yang dimaksud. 

"Sebentar ya mas, kami cek dulu ke penyidik," tutur Sujatmiko.

Sementara itu, Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi David mangatakan sedang menyusun tim penegakkan hukum terpadu atau gakkumdu guna menelusuri kasus pencemaran lingkungan tersebut.

Baca juga: Kebakaran Tragis di Lapas Tangerang, Petugas Lapas Karawang Periksa Semua Instalasi Listrik dan APAR

Baca juga: Kutuk Perbuatan Ayah, Ibu, Kakek, Nenek, Paman, Komnas PA: Hukum Berat Pelaku Pesugihan Tumbal Anak

"Sedang disusun keanggotaannya, ada penyidik pegawai negeri sipil, kepolisian, hingga kejaksaan. Kami segera turun, sidak ke lapangan," ungkap David.

Dia mengatakan penegakan hukum lingkungan mengutamakan asas ultimum remedium yang mewajibkan penerapan pidana sebagai upaya terakhir setelah penerapan penegakan hukum adminstratif dianggap tidak berhasil.

Baca Berita Selengkapnya di TribunBekasi.com Berjudul : Polisi Selidiki Kasus Buang Limbah di Kali Cilemahabang, Beberapa Perwakilan Perusahaan Diperiksa, 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved