Berita Video

Ketua Umum Persit KCK Hetty Andika Ajak Terus Bersinergi dan Berbakti Isi Kemerdekaan

Ketua Umum Persit KCK Hetty Andika Perkasa mengatakan, pihaknya akan terus menebar bakti dalam rangka mengisi kemerdekaan. 

Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) sebagai organisasi istri TNI AD, ikut mengucapkan selamat HUT Ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia 2021.

Ketua Umum Persit KCK Hetty Andika Perkasa mengatakan, pihaknya akan terus menebar bakti dalam rangka mengisi kemerdekaan. 

"Semoga bangsa Indonesia dapat segera keluar dari masa sulit pandemi ini, dan kita semua bisa hidup normal kembali. Tetap semangat dan bersinergi untuk Indonesia yang lebih baik.Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Dirgahayu ke 76 Indonesiaku," ujarnya.

Sebagai organisasi yang banyak bergerak di bidang Sosial dan pendidikan, Persit KCK merasa ikut terus bergerak dan berperan terus mengembangkan pembelajaran pada generasi muda.

Istri prajurit ketahanan pangan, bantuan sosial hingga mengelola sekolah-sekolah di seluruh Indonesia melalui Yayasan Kartika Jaya, baik SD maupun SMP. 

Jika melihat sejarah, organisasi Persit KCK berkembang di tengah-tengah perjuangan bangsa Indonesia yang telah berhasil merebut kemerdekaan.

Pada tanggal 3 April 1946 saat Ny. Ratu Aminah Hidayat membentuk organisasi istri tentara di Purwakarta, Jawa Barat dengan nama Persatuan Kaum Ibu Tentara (PKIT).

Selanjutnya di Serang, Banten juga berdiri organisasi yang sama dengan nama Persatuan Istri Tentara (PIT) dengan ketuanya Ny. Suhadi dan di Malang Jawa Timur organisasi tersebut diketuai Ny. S.R. Lasmindar.

Dan pada tanggal 15 Agustus 1946 akhirnya PKIT pun menyelenggarakan konferensi di Garut, Jawa Barat guna mempersatukan organisasi-organisasi istri tentara yang berada di daerah. Dan dalam konferensi tersebut pun akhirnya diputuskan bahwa PKIT berubah nama menjadi Persit.

Dalam perkembangannya organisasi ini tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan dan perkembangan TNI AD itu sendiri. Kelahirannya didorong oleh kesadaran bela negara serta ingin turut berjuang mendampingi suami dalam menunaikan tugas negara sesuai dengan sifat kewanitaannya.

Dalam merebut kemerdekaan, kegiatan dapur umum dan palang merah telah menjadi pilihan warga Persit. Seiring dengan perkembangan TNI AD, kegiatan Persit semakin meningkat.

Pada tanggal 25-27 Oktober 1950 di Semarang diadakan kongres I Persit dipimpin oleh Ny. R.A. Hidayat dengan keputusan antara lain, Persatuan istri tentara diubah menjadi persaudaraan istri tentara (Persit). Mengenai struktur organisasi Persit, semua disesuaikan dengan struktur TNI AD. Pada tanggal 3 April ditetapkan menjadi hari jadi Persit.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved