Berita Nasional

Demi Wujudkan Impian Judo Indonesia Tembus Olimpiade, Maruli Simanjutak Rombak Pengurus PJSI

Langkah itu diambil untuk mengembalikan kejayaan para atlet judo yang bisa bertanding hingga di tingkat Olimpiade.

Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com
Ilustrasi: Atlet Judo sedang bertarung 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB-PJSI) Maruli Simanjutak akan berusaha membawa olahraga judo Indonesia menuju prestasi tertinggi dan mengharumkan nama Indonesia.

Namun demikian, ia sadar bahwa keinginan tersebut harus dibarengi dengan visi besar dan membutuhkan keseriusan.

Maka dari itu, Maruli akan merombak kepengurusan PB PJSI usai dirinya terpilih sebagai ketua umum secara aklamasi beberapa waktu lalu.

Langkah itu diambil untuk mengembalikan kejayaan para atlet judo agar bisa bertanding hingga di tingkat Olimpiade.

Baca juga: Panglima TNI, Kapolri dan Menpora Pastikan Kesiapan Stadion dan Arena Akuatik PON ke-XX Papua

Baca juga: Untuk Sementara Gedung Judo Kelapa Gading Digunakan Sebagai Tempat Vaksinasi Covid-19 Lansia

Pengukuhan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Ketum PB PJSI yang dihadiri Ketum PB PJSI sebelumnya yakni Jendral (Purn) Mulyono
Pengukuhan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Ketum PB PJSI yang dihadiri Ketum PB PJSI sebelumnya yakni Jendral (Purn) Mulyono (ist)

"Setelah dilantik Minggu (29/8) kemarin, saya tengah menyusun apa yang harus dikerjakan. Salah satunya adalah merombak kepengurusan yang ada di PB-PJSI agar bisa memberikan yang terbaik di judo," kata Maruli Simanjuntak, Rabu (1/9/2021).

Dikatakan pria yang juga menjabat sebagai Pangdam IX Udayana, perombakan harus dilakukan karena saat ini kepengurusan yang ada didalamnya perlu angin segar.

Terlebih dengan kepengurusan yang ada saat ini terlihat pincang sehingga belum memberikan prestasi yang memuaskan.

"Makanya saya nggak mau buru-buru, saya mau bawa yang terbaik untuk membangun judo," ujarnya.

Baca juga: M. Fadli Atlet Para Balap Sepeda Fokus Latihan Start dan Jaga Konsistensi Kecepatan

Menurut Jenderal bintang dua ini, saat ini juga dirinya mendapatkan informasi akan banyaknya kepengurusan yang melenceng.

Akibat hal itu, pastinya akan berimbas kepada para atlet karena pastinya akan setengah hati dalam mengikuti setiap kejuaraan.

"Saat ini yang diperlukan adalah komitmen untuk menjalankan semua aturan, jalankan dengan sebaik-baiknya. Karena kalau tidak dikerjakan sangsinya sudah cukup jelas, karena bila ditemukan bisa dipidanakan," tegasnya.

Dengan memperbaiki ditingkat kepengurusan terlebih dahulu, lanjut mantan komandan Paspampres ini, pastinya akan memberikan perubahan.

Sebab, bila pengurus sudah memberikan yang terbaik, otomatis para atlet bisa bertanding dengan tenang dan mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: PBSI Gelar Vaksinasi Covid-19 dan Bakti Sosial Buat Warga Sekitar Pelatnas Cipayung

"Saya ingin mengembalikan kejayaan judo seperti di tahun 1990an, kala itu judo bisa tampil dalam kejuaraan ditingkat Olimpiade," ungkapnya.

Mayjen Maruli Simanjuntak sendiri ketika masih berpangkat Lettu telah menjuarai kejuaraan Judo Military Asean Philipina Tahun 1997 di kelas 71 Kilogram yang diikuti oleh tujuh negara bertempat di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta.

Sebagai Atlet Judo di kelas 71 Kg berhasil meraih juara 1, diikuti juara 2 dari Atlet Thailand dan juara 3 dari Indonesia.

Baca juga: Pelatih Gulat PON DKI Jakarta Tuding Smack Down Jadi Sebab Sulitnya Kenalkan Gulat di Jakarta

Pada saat itu juga, Lettu Inf Maruli Simanjuntak berhasil sebagai juara 1 di kelas bebas dan berhak mendapat piala karena dinobatkan sebagai pemain terbaik pada Kejuaraan Judo Military Asean Philipina Tahun 1997.

Perjuangannya meraih prestasi juga dilalui dengan perjuangan yang sangat keras melalui pelatihan-pelatihan seperti TC Judo Kopassus-Korea di Tahun 1996 sampai dengan 1999 yang berlokasi di Indonesia dan Korea

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved