Virus Corona Tangsel

Tak Hanya Untuk Nakes, Pemkot Tangsel Kini Distrihusikan Jenis Vaksin Moderna Untuk Masyarakat Umum

Jenis vaksin Moderna telah disebar ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang melayani penyuntikan vaksinasi.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Feryanto Hadi
(Warta Kota/Rizki Amana)
Tenaga vaksinator sedang memasukan dosis vaksin Moderna ke dalam tabung suntik pada program vaksinasi booster bagi nakes di RSU Kota Tangsel 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Kepala Seksi Surveilans Imunisasi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Dinkes Kota Tangsel), Abdillah mengatakan pihaknya telah mendistribusikan jenis vaksin Moderna pada program vaksinasi masyarakat umum.

Abdillah menyampaikan penyuntikan jenis vaksin Moderna untuk peserta terkategori masyarakat umum pada program kekebalan massal telah berlangsung pada pekan ini.

"Tangsel sudah dapat Moderna, kemarin kan awalnya untuk booster nakes (tenaga kesehatan) dulu, kemudian disusul untuk masyarakat umum tapi masih dalam jumlah yang masih sedikit," kata Abdillah saat dikonfirmasi Wartakotalive.com, Kota Tangsel,  Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Vaksin Jenis Pfizer Mulai Digunakan di Kota Tangerang, Akan Sasar 81 Ribu Warga

Abdillah menuturkan, jenis vaksin Moderna telah disebar pihaknya ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang melayani penyuntikan vaksinasi.

Menurutnya saat ini pihaknya hanya mengkhususkan penyuntikan jenis vaksin Moderna kepada para peserta yang berdomisili warga Kota Tangsel.

"Sudah kita distribusikan ke Puskesmas, ke rumah sakit juga untuk penyuntikan kepada masayarakat. Tapi kita prioritaskan untuk KTP Tangsel dan domisili di Tangsel," jelasnya.

Baca juga: Kadiskominfo Kota Tangsel Berharap Tribuntangerang.com Jadi Media Edukatif dan Inspiratif

Di sisi lain, ia menyampaikan bagi peserta yang melakukan penyutikan vaksin jenis Moderna bakal melakukan penyuntikan dosis keduanya setelah 28 hari dosis pertamanya.

Adapun saat ini terdapat 4 jenis vaksin yang didistribukan Pemerintah Kota Tangsel yakni Sinovac, Astrazeneca, Moderna, dan Sinopharm pada program kekebalan massal atau herd immunity.

Sedangkan jenis vaksin Sinopharm hanya dikhususkan bagi peserta yang terkategori disabilitas fisik maupun mental. 

Pemkot Tangerang terima vaksin pfizer

Sementara itu, setelah menerima dosis vaksinasi covid-19 jenis pfizer dari Kementrian pekan lalu, kini Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai menggunakan jenis pfizer tersebut dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kota Tangerang pada Selasa (24/8/2021). 

Plt Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan sebagai tahap awal Kota Tangerang baru menerima 163.800 dosis jenis pfizer, yang dapat digunakan untuk 81.900 sasaran.

Sedangkan pada pelaksanaan tahap awal ini, menyasar 33 atlet Persikota, di Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas. 

Baca juga: Masih 62%, Vaksin Jenis Moderna dan Pfizer di Jakarta Utara Berpeluang Tingkatkan Capaian Vaksinasi

“Tidak ada prioritas dalam vaksin jenis baru ini. Namun, memang Kementrian Minggu lalu men-dropnya baru ke Puskesmas Panunggangan Barat dan RSUD Kota Tangerang saja. Karena memang, jenis pfizer ini membutuhkan perlakuan proses penyimpanan yang cukup berbeda dibanding jenis lainnya. Maka belum didistribusikan secara merata di 38 puskesmas,” ungkap Dini.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved