Breaking News:

Peringatan Hari Nyamuk Sedunia, Waspada Penyakit Malaria, Zika dan DBD

Peringatan Hari Nyamuk Sedunia, Waspada Penyakit Malaria, Zika dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Feryanto Hadi
Tribunnews
Ilustrasi nyamuk demam berdarah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Diprakarsai oleh Dr Ronald Ross dari Liverpool School of Tropical Medicine sejak 1987, tanggal 20 Agustus diperingati sebagai Hari Nyamuk Sedunia.

Perayaan bermula ketika dokter militer Inggris itu melakukan penelitian tentang penularan malaria yang banyak menimbulkan kematian pada manusia.

Dalam penelitiannya, tepatnya pada 20 Agustus, Ross pun menemukan ookista plasmodium falciparum yang menjadi inti dari penyakit malaria.

Inti itu ditemukan pada bagian dinding nyamuk berjenis Anopheles atau nyamuk yang sering ditemukan di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia.

Sejak itu, Hari Nyamuk Sedunia terus diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan malaria.

Tak hanya itu, kini Hari Nyamuk Sedunia juga terus diperingati sebagai bagian dari upaya kesadaran pencegahan penyakit yang ditularkan nyamuk lainnya, seperti virus zika dan demam berdarah dengue (DBD).

Baca juga: Tak Hanya Untuk Nakes, Pemkot Tangsel Kini Distrihusikan Jenis Vaksin Moderna Untuk Masyarakat Umum

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun mencatat, hingga 14 Juni 2021 total kasus DBD di dalam negeri mencapai 16.320 kasus, angka tersebut meningkat drastis sejak 30 Mei lalu dengan catatan 9.903 kasus.

Begitu juga dengan angka kematiannya, hingga 14 Juni lalu diketahui 147 orang meninggal akibat DBD dibanding Mei dengan 98 kasus.

Rumah atau tempat tinggal yang banyak nyamuk bisa mengganggu kenyamanan para penghuninya, terlebih pada keluarga yang memiliki anak-anak.

Gigitan nyamuk bisa membuat keluarga tak nyaman berada di rumah bahkan bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved