Olimpiade Tokyo

Kevin Durant Bawa Timnas Basket Putra AS Raih Emas Kalahkan Prancis 87-82

Tim basket putra AS ini dilatih Gregg Popovich dengan asisten Steve Kerr dan Lloyd Daniel Pierce bawa 12 pemain NBA yang dikapteni oleh Kevin Durant

Editor: Umar Widodo
USABasketball
Para pemain timnas basket putra AS merayakan kemenangan atas Prancis 87-82 pada final Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Saitama Super Arena, Tokyo, Jepang, sabtu (7/8/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tim basket putra Amerika Serikat untuk ketiga kalinya dalam Olimpiade yang dikutinya berhasil meraih medali emas, setelah di final mengalahkan Prancis 87-82 di Saitama Super Arena, Tokyo, Jepang, Sabtu (7/8/2021) pagi waktu setempat.

Terlepas dari semua hambatan dalam menyusun daftar pemainnya untuk ke Olimpiade Tokyo setelah musim NBA yang terkena dampak COVID-19.

Tim basket putra AS ini dilatih oleh Gregg Popovich dengan asisten Steve Kerr dan Lloyd Daniel Pierce membawa 12 pemain NBA yang dikapteni oleh Kevin Durant.

Meskipun perjuangan awal dalam pertandingan eksibisi, mengalami kekalahan di babak penyisihan grup dari Prancis, hasil akhirnya sama dengan tiga Olimpiade sebelumnya berhasil meraih medali Emas.

Tim AS akhirnya melakukan apa yang tidak bisa mereka lakukan ketika melawan Prancis hampir dua minggu lalu dengan kekalahan 76-83.

Damian Lillard (kanan) mencoba menerobos penjagaan dari Nicolas Batum pada laga final basket putra Olimpiade Tokyo
Damian Lillard (kanan) mencoba menerobos penjagaan dari Nicolas Batum pada laga final basket putra Olimpiade Tokyo (USABasketball)

Kevin Durant dkk menutup kemenangan 87-82 dengan beberapa tembakan tepat waktu setelah Prancis memangkas defisit menjadi hanya tiga poin dengan sisa waktu 5:40 detik.

"Kami melewati beberapa kesulitan nyata. Kami hanya berjuang melalui segalanya," kata Kevin Durant dikutip dari laman usatoday, Sabtu (7/8/2021).

"Itu sangat berarti. Prancis adalah tim yang bagus, mereka tidak menyerah. Mereka tim besar. Mereka menghadirkan tantangan besar. Tapi kami menginginkan mereka lagi. Kami ingin memainkan mereka lagi."

Tidak seperti pertemuan pertama mereka, ketika Prancis membuat AS terguncang setelah kemenangan 83-76.

Baca juga: Kevin Durant Bawa Tim Basket AS ke Final Olimpiade Tokyo Berhadapan Lagi Dengan Tim Prancis

Baca juga: Kevin Durant Bakal Absen saat Kompetisi NBA dilanjutkan

AS segera merespons ketika Damian Lillard membuat sepasang lemparan 2 poin panjang dan Jrue Holiday mendapat steal dan dunk untuk menjaga tim mereka tetap unggul atas Prancis.

Tetapi Prancis tidak pernah mampu membangun momentum yang berkelanjutan sebagian besar karena Durant, yang memiliki 29 poin untuk diikuti dengan 30 poin yang dia cetak dalam pertandingan final di 2012 dan 2016.

Dua poin terakhirnya di garis pelanggaran mengakhiri kemenangan setelah Prancis menutupnya menjadi 85-82 dengan 10,2 detik tersisa. Durant juga membuat 9 dari 18 poin lapangan.

AS hanya membuat 8 dari 29 kesempatan three point dalam permainan medali emas tetapi memaksa Prancis melakukan 18 turnover dan mampu mengubahnya menjadi keranjang transisi yang membantu membuka pelanggaran mereka.

Setelah itu tim dengan gembira menari di lapangan dalam perayaan, dengan Durant terbungkus bendera AS. Medali itu adalah yang ke-100 untuk Tim USA di Olimpiade Tokyo.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved