Breaking News:

Virus Corona

Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Calon Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Penumpang Kereta Api Jarak Jauh dari Daop 1 Jakarta tidak wajib lagi membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) mulai Senin (26/7/2021)

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Intan Ungaling Dian
istimewa
Ilustrasi Kereta Api Brawijaya jurusan Jakarta Malang. Masyarakat pengguna kereta api jarak jauh tidak wajib membawa STRP, melainkan syaratnya membawa sertifikat vaksinasi Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Daop 1 Jakarta tidak wajib lagi membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) mulai hari ini, Senin (26/7/2021). 

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pelanggan KAJJ di Daop 1 Jakarta yang akan berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Karawang dan Cikampek tidak wajib lagi membawa STRP

“Tidak lagi diwajibkan membawa STRP atau surat tugas seperti yang diberlakukan sebelumnya pada masa libur keagamaan,” ujar Eva seperti dikutip dari keterangan pers, Senin (26/7/2021). 

Namun seluruh calon pengguna kereta api tetap wajib menunjukkan surat kartu atau sertifikat vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk memastikan kondisi kesehatannya. 

Baca juga: Libur Idul Adha dan PPKM Darurat, Daop1 hanya Berangkatkan 6 Kereta Api, Syarat Penumpang Diperketat

Baca juga: Kereta Api Komuter Hanya Layani Pekerja Perkantoran Sektor Esensial dan Kritikal, Ini Penjelasannya

Baca juga: Cek Sertifikat Vaksin Milik Warga, Polres Metro Bekasi Terjunkan Tim Patroli Vaksin

“Pelanggan juga harus menunjukkan keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan,” katanya. 

Sementara bagi pelanggan KAJJ yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat berangkat.

Akan tetapi, mereka harus menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

Khusus pelanggan usia di bawah 18 tahun tidak wajib menunjukkan kartu vaksin.

Kemudian untuk pelanggan usia di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

“Pelanggan yang tidak memenuhi  persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100 persen," kata Eva. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved