Breaking News:

Virus Corona Bodebek

Gaet Pendonor Plasma Konvalesen, PMI Depok Buka Pendaftaran Online Lewat Whatsapp

Gaet Pendonor Plasma Konvalesen, PMI Depok Buka Pendaftaran Online Lewat Whatsapp. Berikut Selengkapnya

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Kepala PMI Kota Depok Dudi Miraz saat ditemui di Kantor PMI Kota Depok Jalan Boulevard Raya Grand Depok City, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (19/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -Sebanyak 414 kantong plasma konvalesen yang berhasil dikumpulkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok telah disalurkan ke sejumlah rumah sakit guna membantu perawatan bagi pasien Covid-19.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Depok Widya Astriyani mengatakan, ratusan kantong tersebut diperoleh dari pendonor yakni para penyitas atau mereka yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Per tanggal 18 Juli 2021 pukul 08.33 WIB kami sudah mengambil 414 kantong plasma darah dari penyintas Covid-19. Jumlah ini fluktuatif karena setiap harinya selalu ada penambahan pendonor," kata Widya di kantornya, Jalan Bouelvard Raya, Grand Depok City, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (19/7/2021).

Baca juga: PANDUAN Salat Idul Adha 1442 H di Rumah Versi MUI, Disertai Niat dan Bacaan di Antara Takbir

Untuk mendapatkan lagi plasma konvalesen, Widya mengaku pihaknya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada para calon pendonor untuk bersedia mendonorkan plasma konvalesen.

Sosialisasi ini dikatakan Widya dilakukan dengan beragam cara seperti media sosial maupun surat kabar dan lainnya.

"Bahkan, kami juga sudah sebar formulir pendaftaran melalui whatsapp. Cara ini cukup membantu," paparnya.

Baca juga: Kabar Baik, Pemkot Depok Bakal Dapat Bantuan Empat Ton Oksigen Cair dari PT Samator Gas Industri

Berbeda dengan donor darah biasa, pendonor plasma konvalesen dikhususkan bagi mereka yang masuk dalam kriteria.

Beberapa syarat yang dimaksud antara lain laki-laki dan perempuan yang belum pernah hamil, sudah sembuh dari Covid-19, sehat, bebas gejala selama 14 hari dan memperlihatkan hasil RT PCR negative 1 kali. 

Selain itu, pendonor berusia 18-60 tahun dengan berat badan minimal 60 kg.

Baca juga: TATA CARA Salat Idul Adha 1442 di Rumah dan Khutbah Singkat Versi Muhammadiyah, Disertai Gambar

“Informasi lebih lanjut, masyarakat bisa menghubungi via whatsapp melalui dr. Yuli Astuti di nomor 087871299824 dan M. Kartono 0813 1414 0917,” paparnya.

Sementara itu, Kepala PMI Kota Depok Dudi Miraz mengatakan pihaknya memang kerepotan dalam memenuhi permintaan plasma konvalesen.

Sebab, stok yang dimiliki tidak sebanding dengan tingginya kebutuhan. Terlebih masih sedikit masyarakat yang bersedia mendonorkan plasma konvalesen.

Baca juga: Bebas dari Covid-19, Yoga Ungkap Pengalamannya Saat Kehilangan Penciuman hingga Positif Virus Corona

"Sekarang ini kalau pun ada permintaan biasanya kami meminta dicarikan dulu pendonornya karena memang stoknya tipis bahkan kadang tidak ada karena banyak permintaan," kata Dudi.

Untuk itu, Dudi pun mengimbau para penyitas yang masuk dalam kategori pendonor plasma konvalesen bersuka rela membantu sesama dengan menjadi pendonor.

Seperti diketahui, terapi plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma penyintas yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved