Breaking News:

idul Adha

PANDUAN Salat Idul Adha 1442 H di Rumah Versi MUI, Disertai Niat dan Bacaan di Antara Takbir

Tata cara salat Idul Adha menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), dimulai dari niat diakhiri salam.

Editor: Suprapto
Kompas.com
Tata cara salat Idul Adha menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), dimulai dari niat diakhiri salam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Salat Idul Adha 1442 Hijriyah atau tahun 2021 dan penyembelihan hewan kurban tetap bisa dilaksanakan selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan surat edaran tausiyah bernonor 1440/DP-MUI/VII/2021  tentang Tata Cara pelaksanaan ibadah, Salat Idul Adha dan penyelenggaraan kurban bagi masyarakat Muslim di masa  PPKM  Darurat.

Ketua MUI Bidang Fatwa, Dr KH M Asrorun Niam Sholeh MA, mengatakan penerapan kebijakan PPKM Darurat tidak menghalangi ibadah shalat Idul Adha.

“PPKM Darurat tidak menghalangi kita untuk melaksanakan shalat Id dan juga aktivitas penyembelihan qurban,” ujar Kiai Asrorun,  Sabtu (17/7), seperti dikutip dari website resmi MUI, mui.od.id.

Baca juga: TATA CARA Salat Idul Adha 1442 di Rumah dan Khutbah Singkat Versi Muhammadiyah, Disertai Gambar

Dia menjelaskan, merujuk pada Fatwa Nomor 36 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah Covid-19, implementasinya diserahkan kepada Pemerintah.

Kata pria yang juga Deputi Bidang Pemuda Kemenpora RI ini, fatwa itu didasarkan upaya mewujudkan maslahat (jalb al-mashlahah) dan mencegah terjadinya mafsadat (daf’u al-mafsadah).

Dia mengimbau kepada masyarakat Shalat Id dilakukan di rumah saja. Argumentasinya, rumah ibadah termasuk masjid untuk sementara tidak diperbolehkan untuk mengadakan kegiatan yang dapat menyebabkan sebuah kerumunan.

“Hanya saja pelaksanaannya harus memperhatikan aspek keselamatan diri dan juga orang lain, sehingga harus dipastikan tidak terjadi kerumunan,” ujar Kiai Asrorun.

Dia menjelaskan sunnah hai’at dan juga tata cara shalat Idul Adha tetap tidak berubah, tidak ada perubahan.

Sunnah hai’at adalah sunah yang ada di dalam shalat, yang jika anda tidak mengerjakannya maka tidak disunahkan untuk sujud sahwi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved