Posko Monas

Anies Baswedan Buka Layanan Isi Ulang Oksigen di Monas untuk Rumah Sakit

Gubernur DKI Anies Baswedan bergerak cepat mengatasi krisis isi ulang oksigen yang dialami rumah sakit di ibu kota.

istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berupaya keras mengatasi krisis isi ulang oksigen di Monas, bagi rumah sakit yang butuh. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memastikan, layanan isi ulang oksigen gratis di Monas, Jakarta Pusat hanya untuk rumah sakit.

Karena itu, petugas tidak akan menerima permohonan pengisian tabung oksigen dari masyarakat pribadi.

“Untuk penambahan pasokan oksigen yang biasa dipakai dari industri sekarang 100 persen untuk medis,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Tak Hanya Posko Isi Oksigen, Pemprov DKI juga Sediakan Petugas Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Monas

Anies mengatakan, rencana isi ulang tabung oksigen untuk masyarakat pribadi sempat dibahas oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Namun, untuk sementara selama beberapa hari ini, layanan hanya difokuskan untuk fasilitas kesehatan dulu.

Harapannya, agar bisa memenuhi kebutuhan pasien dengan gejala Covid-19 karena permintaannya melonjak. Bagi faskes yang ingin mendapatkan oksigen ini, Anies mengimbau untuk mengirimkan tabung-tabungnya ke posko di Monas.

Nantinya, tim akan mengisi ulang tabung itu dengan oksigen dari salah satu perusahaan di daerah Cilegon, Banten.

Untuk proses distribusinya, pemerintah daerah memanfaatkan truk dari sejumlah dinas seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan dan sebagainya.

Baca juga: Siaga Covid-19, PLN Jaga Keandalan Listrik Pabrik Oksigen di Jawa dan Bali

Selain armada truk, kata Anies, dinas lain juga mengerahkan pasukannya untuk membantu mempercepat distribusi tabung oksigen.

“Bagi yang punya truk siapkan truk, yang punya orang kirimkan orang. Di sini adalah tempat untuk transit saja, jadi dari RS tabung dibawa ke sini kemudian dibawa ke pusat pengambilan oksigen,” ujarnya.

“Nanti RS yang ambil di sini, supaya RS tidak perlu pergi ke tempat yang jauh. Nggak dibatasi cuma kebanyakan maksimal 10 tabung,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menyediakan posko Oxygen Rescue di Monas, Jakarta Pusat.

Posko ini dibuka setelah pemerintah daerah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Jakarta.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta, Suharti Sutar menjelaskan, sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, setiap perangkat daerah diinstruksikan bergerak aktif dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: RSUD dan Rumah Sakit Swasta Bisa Isi Ulang Tabung Oksigen di Monas

Termasuk untuk berkolaborasi dalam penyediaan oksigen guna memenuhi kebutuhan di fasilitas kesehatan di DKI Jakarta.

Kolaborasi yang dilakukan antara lain, penyediaan tambahan tabung, isi ulang, dan distribusi tabung oksigen.

Kolaborasi dilakunan untuk memberikan kemudahan bagi semua rumah sakit, baik RSUD maupun RS Swasta di Jakarta dalam memenuhi kebutuhan oksigen yang semakin besar.

“Pemprov DKI Jakarta ingin memastikan bahwa suplai oksigen ke rumah sakit lebih lancar, sehingga berbagai kemudahan diupayakan,” kata Suharti, Minggu (4/7/2021).

Sumber: Warta Kota
  • Berita Terkait :#Posko Monas
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved