Breaking News:

Berita Bogor

Kemendagri Apresiasi Inovasi Pelayanan di Kabupaten Bogor, Paling Banyak di Bidang Kesehatan

"Pemkab Bogor konsisten mempertahankan predikat 'Sangat Inovatif' dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah sejak tahun 2017.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas berbagai inovasi yang dilakukan selama ini. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni, Sabtu (3/7/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas berbagai inovasi yang dilakukan selama ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni, Sabtu (3/7/2021).

"Pemkab Bogor konsisten mempertahankan predikat 'Sangat Inovatif' dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah sejak tahun 2017. Capaian ini tentu sangat baik dan harus terus ditingkatkan,” ungkap Fatoni.

Tahun 2020, lanjut Fatoni, Kabupaten Bogor berhasil mempertahankan predikat tersebut dengan urutan tiga pada level nasional.

Dengan capaian Indeks Inovasi Daerah tersebut, Kabupaten Bogor mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri saat gelaran Innovative Government Award (IGA) dan dana insentif daerah bidang inovasi daerah.

“Meski penghargaan bukan tujuan utama, namun dengan inovasi yang dilakukan, semoga dapat mempercepat tercapainya tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah,” ujarnya.

Ia berharap pada penilaian indeks tahun 2021, Kabupaten Bogor kembali dapat menyampaikan inovasi terbaiknya.

Sehingga ranking inovasinya dapat kembali ditingkatkan.

Menurut data Indeks Inovasi Daerah, Kabupaten Bogor memiliki inovasi bidang kesehatan terbanyak dibanding inovasi dalam bidang urusan lainnya.

Yaitu sejumlah 94 jenis inovasi, disusul inovasi dalam bidang lingkungan hidup sebanyak 21 jenis inovasi, dan pariwisata sebanyak 19 jenis inovasi.

Selain itu, 77% inovasi yang dihasilkan Kabupaten Bogor merupakan inovasi dalam bentuk digital.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menjelaskan berbagai inovasi ini bertujuan meningkatkan pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

"Kami menyambut baik adanya lomba anugrah Innovative Government Award karena dapat menyusun database inovasi yang ada di desa, kelurahan, kecamatan, Puskesmas, perangkat daerah, perguruan tinggi, maupun masyarakat, sehingga inovasi yang ada di Kabupaten Bogor dapat memecahkan permasalahan yang sedang terjadi di wilayah masing-masing,” kata Suryanto.

Baca juga: Langgar Aturan PPKM Darurat, Bupati Ade Yasin dan Rombongan Forkopimda Tutup Tempat Usaha di Puncak

Baca juga: Selama PPKM Darurat Hingga 20 Juli, Ade Yasin Tutup Wisata Alam dan Putar Balik Wisatawan Luar Bogor

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved