Berita Nasional

Prof Nasaruddin Umar Terbitkan 5 Buku di HUT Ke-62, Ini Isi Pesan yang Disampaikan

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar menerbitkan lima buku yang di lauching pada Rabu (23/6) di ruang VIP Masjid Istiqlal Jakarta.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Di usianya ke 62, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar menerbitkan lima buku yang di-lauching pada Rabu (23/6) di ruang VIP Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (23/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR -- Tepat di usianya ke 62, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar menerbitkan lima buku yang di-lauching pada Rabu (23/6) di ruang VIP Masjid Istiqlal Jakarta.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Nasar ini menyampaikan jika ke lima buku itu di antaranya berjudul Menjalani Hidup Salikin, Menyelami Seluk Beluk Makrifat, Menelisik Hakikat Silaturahmi, Memahami Al-Quran di masa Post-Truth, dan Memberdayakan Umat Berbasis Masjid.

Buku yang diterbitkan Kompas Gramedia melalui Penerbit Grasindo itu merupakan berkolaborasi mendokumentasikan pemikiran Imam Besar Masjid Istiqlal tersebut dalam membangun harmonisasi 
keagamaan, kebangsaan, dan kemasyarakatan. 

"Kalau tahun lalu kita melaunching 21 buku. Tapi hari ini saya hanya bisa lauching lima buku. Tapi isinya ini saya buat tengah malam. Jadi ini karya-karya tengah malam. Kemudian yang belum diselesaikan masih ada tiga buku lagi," kata Nasaruddin Umar di Masjid Istiqlal, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal Apresiasi Sikap Tegas Presiden Jokowi Terkait Kekerasan di Palestina

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal Kutuk Serangan Terhadap Palestina di Tengah Pandemi Covid-19

Dikatakan Nasar, jika buku-buku yang ia terbitkan kali ini merupakan buku-buku yang dianggap memiliki makna yang cukup dalam seperti Memahami Al-Quran di masa Post-Truth.

Dalam buku memahami Al-Quran tidak hanya keajaiban-keajaiban yang menaunginya, melainkan juga mengulik pesan-pesan langit yang disimbolkan di dalamnya.

Sedangkan untuk buku berjudul Menelisik Hakikat Silaturahmi, buku ini menyampaikan jika hakikat silahaturami tidak hanya kepada umat islam, tapi juga silaturahmi kepada semua umat beragama dan orang yang tidak punya agama.

"Silaturahmi itu bisa ke semua, termasuk binatang, tumbuh-tumbuhan, silaturahmi dengan makhluk spiritual yang lain, silaturahmi dengan ruh yang sudah wafat, karena dalam Al-Quran kita diperintahkan silaturahmi dengan para arwah," katanya.

Baca juga: Menuju Masjid Modern, Masjid Istiqlal Bakal Punya Klinik Pratama untuk Jemaah dan Warga Sekitar

Selain itu, buku berjudul Memberdayakan Umat Berbasis Masjid menyampaikan pesan jika masjid itu tidak hanya sebagai tempat ibadah salat, tapi juga memiliki fungsi yang lebih banyak seperti tempat pertemuan dengan semua umat lintas agama.

"Masjid itu juga bisa sebagai tempat menampilkan seni dengan melibatkan artis-artis. Rasulullah juga pernah menyuguhkan makanan dan minuman, bahkan Masjid nabi juga berfungsi sebagai latihan bela diri. Mungkin kaget kok Masjid dijadikan karate," kata Nasaruddin.

Nasaruddin menyampaikan, Rasulullah pernah sebelum berperang melakukan latihan di Masjid.

Bahkan, masjid juga bisa sebagai tempat pendidikan mulai dari TK. Jadi Masjid bisa menjadi tempat keterampilan keterampilan.

Baca juga: Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal soal Peniadaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis Besok

"Tapi kalau dipakai solat itu rasanya mubazir. Saya ingin seperi Masjid Nabi. Saya yakin kalau kita contoh masjidnya nabi maka insyaAllah akan terjadi sesuatu yang luar biasa," ujarnya.

Selain menerbitkan buku, Nasaruddin menyampaikan jika tahun depan dirinya juga akan me-launching buku tafsir. Namun tafsir yang akan dibuatnya ini lebih ke tafsir akademik.

"Jadi ada perbandingan mazhabnya. Ada perbandingan agamanya. Ada aktualisasi ayat-ayat suci Al Quran. Sehingga Al Quran lebih terasa aktualisasi masyarakat modern," ucapnya. (JOS).

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved